Tips Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

Share

Menjaga keharmonisan rumah tangga

Meskipun pada dasarnya setiap pasangan suami istri ingin memiliki keluarga yang harmonis, namun pada kenyataannya selalu ada tantangan yang dapat berpotensi mengganggu keutuhan rumah tangga. Banyak pasangan yang dapat menghadapi semua permasalahan tersebut dengan baik sehingga dapat menjalankan rumah tangga yang harmonis secara berkesinambungan. Tetapi ada juga pasangan yang rentan terhadap masalah keharmonisan rumah tangga. Bagi anda yang kesulitan dalam menjaga keharmonisan rumah tangga ada beberapa tips memelihara keharmonisan rumah tangga yang dapat menjadi pedoman bagi anda.

1. Saling Pengertian
Keharmonisan rumah tangga akan sulit dijaga jika tidak ada rasa saling pengertian. Suami dan istri harus saling dapat memahami satu sama lain. Saling pengertian akan menghindarkan pasangan suami istri melakukan hal-hal yang tidak disukai pasangan.

2. Jaga Komitmen
Menjaga komitmen untuk tetap bersama sangat penting dalam menjaga keharmonisan rumah tangga. Pasangan yang menikah telah memiliki komitmen untuk hidup bersama selamanya. Menjaga komitmen untuk tetap bersama berarti bersedia menghadapi berbagai permasalahan termasuk menerima kekurangan pasangan dan menyikapi berbagai perbedaan dengan sikap positif.

3. Bersikap Jujur
Tidak ada orang yang suka dibohongi. Bersikaplah jujur terhadap pasangan untuk menjaga rasa saling percaya. Saat anda ketahuan bohong dan tidak ada lagi rasa saling percaya, maka keharmonisan dalam rumah tangga akan terganggu.

4. Jaga Komunikasi
Jagalah komunikasi yang intens dengan pasangan. Hal ini bermanfaat menjaga kemesraan, mengurangi prasangka buruk, dan menjaga kedekatan psikologis. Sediakan waktu untuk mengobrol, bercengkrama, serta membahas hal-hal yang sepele dan menyenangkan. Hindari kebiasaan pergi tanpa pamit, pulang terlambat tanpa pemberitahuan, atau membuat keputusan penting tanpa membicarakannya dengan pasangan.

5. Saling Menguatkan
Idealnya pasangan suami istri merupakan satu kesatuan yang saling menguatkan. Harus ada kesadaran masing-masing pihak untuk membantu dan melengkapi kekurangan pasangan. Jauhkan pikiran untuk melemahkan posisi pasangan dengan harapan ia akan menuruti segala keinginan atau aturan yang anda buat. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menghindarkan pasangan suami istri dari keinginan saling melemahkan.

6. Tunjukkan Rasa Cinta
Pertahankan kemesraan seperti masa-masa awal pernikahan. Selalu tunjukkan rasa cinta pada pasangan anda dengan mengatakan cinta, memberi hadiah, memberi kejutan, memberi pijatan, dan ungkapan mesra lainnya.

7. Miliki Rencana-Rencana Besar
Miliki rencana-rencana besar dalam rumah tangga anda seperti memiliki 3 anak, memiliki usaha keluarga, membangun rumah, dan lain sebagainya. Hal ini membantu pasangan suami istri untuk selalu fokus dalam mewujudkan rencana-rencana tersebut secara bersama-sama.

8. Ciptakan Hubungan Seksual yang Berkualitas
Keharmonisan sebuah rumah tangga seringkali dikonotasikan dengan hubungan seksual yang berkualitas. Jangan sungkan untuk membicarakan masalah seksual dengan pasangan anda agar tercipta hubungan seksual yang saling memberi kebahagiaan. Menjaga kesehatan, penampilan, stamina, dan gairah seksual sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hubungan seksual suami istri.

9. Miliki Waktu Bersama yang Berkualitas
Melakukan aktivitas secara bersama-sama sangat penting untuk mendapatkan waktu bersama yang berkualitas. Miliki waktu bersama yang berkualitas untuk menjaga kedekatan psikologis dengan pasangan misalnya menonton bersama, makan di luar, piknik, berolahraga bersama, berkebun bersama, dan lain sebagainya.

10. Miliki Motivasi
Miliki motivasi untuk menjaga keharmonisan dalam rumah tangga. Anda akan memiliki ketulusan dalam membina rumah tangga yang harmonis jika anda memiliki motivasi dari diri sendiri. Pasangan anda mestinya sangat memahami cara berkomunikasi anda sehingga dapat membedakan apakah anda berbicara dan bertindak dengan tulus ataukah karena alasan lain.