Cara Memilih Tas Sekolah yang Baik untuk Anak

Share

Tas sekolah - VistaBundaDotComTas sekolah adalah barang kebanggan anak yang sangat bermanfaat untuk menyimpan dan membawa alat tulis ke sekolah. Tas sekolah yang dijual di pasaran tersedia dalam beragam bentuk, ukuran, dan harga yang sangat bervariasi. Anak-anak umumnya memiliki selera masing-masing dalam memilih tas sekolah yang ia sukai. Sayangnya tidak semua tas cocok untuk anak anda. Bagaimana cara memilih tas sekolah yang nyaman dan aman untuk anak. Berikut beberapa tips memilih tas sekolah yang aman dan nyaman untuk di bawa ke sekolah.

Pilih Ukuran yang Sesuai
Ukuran tas sekolah harus cukup memuat buku-buku yang terdiri dari berbagai ukuran. Jangan memilih tas yang berukuran tertalu besar karena dapat membuat anak kesulitan saat membawanya ke sekolah. Sebagai pedoman memilih ukuran tas yang cukup adalah dengan melihat ruang utama tas tempat menyimpan buku. Beberapa kantong yang berada di luar (terutama di sebelah kanan dan kiri tas) seringkali membuat ukuran tas terlihat cukup besar, padahal ruang utamanya sebenarnya lebih kecil daripada yang terlihat dari luar.

Pilih Tas dengan Strap yang Nyaman
Menyandang tas atau mengendong tas dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan nyeri punggung jika strap (tali tas) tidak nyaman. Strap yang nyaman adalah yang cukup lebar dan memilki bantalan yang empuk.

Pilih Tas yang Ringan
Membawa buku-buku dan perlengkapan belajar lainnya ke sekolah mungkin cukup membebani anak. Tidak seharusnya tas justru menambah beban bawaan anak saat ke sekolah. Oleh karena itu pilihlah tas yang cukup ringan tanpa mengabaikan kualitas dan ukuran yang diperlukan.

Perhatikan Kualitas Bahan
Tas sekolah harus dapat menahan beban maksimal berupa alat tulis yang dibawa anak sehari-hari. Pilih tas yang cukup kuat untuk membawa buku-buku dan perlengkapan sekolah lainnya untuk jangka waktu setidaknya selama satu tahun.

Pertimbangkan Kebutuhan Kantong
Perhatikan ruang yang tersedia dalam sebuah tas sekolah. Tas sekolah sekolah yang baik memiliki ruang utama dan beberapa kantong di bagian luar tas. Kantong-kantong ini bermanfaat untuk memisahkan buku-buku dengan barang-barang bawaan lainnya. Tidak perlu memiliki kantong yang banyak tetapi dapat digunakan untuk menyimpan benda yang cukup besar seperti kotak pensil, topi, botol minuman, dan lain sebagainya.

Pilih Tas Sekolah yang Ergonomis
Membawa tas yang tidak nyaman di bahu atau di punggung dapat menyebabkan rasa sakit bahkan cedera. Pilih tas yang ergonomis dan mudah dibawa. Hindari memilih tas sekolah yang memiliki tulang dan alas yang terbuat dari bahan yang kaku seperti besi atau platik. Hindari juga memilih tas yang memiliki tali strap yang terlalu panjang dan tidak bisa diatur panjangnya.

Perhatikan Kesukaan Anak
Anak-anak memiliki kesukaan masing-masing mengenai bentuk, model, dan warna tas sekolah. Beri kesempatan anak untuk memilih tas yang sesuai dengan selera mereka. Ajak anak ke toko tasĀ  saat memilih tas sekolah untuknya.