Jaga Kesehatan Tulang dengan 3 Sahabat dan Jauhi 1 Musuh

Share

Latihan dengan dumbbell

Tulang yang sehat tentu berpengaruh baik pula bagi tubuh. Ini karena tulang yang sehat menjadikan tubuh kita lebih bugar untuk melakukan berbagai aktivitas. Jadi, untuk beraktivitas secara normal tanpa keluhan, punya tulang yang kuat sangat dibutuhkan! Secara ringkas, terdapat 3 sahabat dan 1 musuh bagi kesehatan tulang kamu. Jadi, untuk jaga kesehatan tulang, kamu harus bersahabat dengan 3 hal ini dan jauhi 1 musuh yang akan kami beri tahu. Apa saja itu?

 

3 Sahabat untuk Jaga Kesehatan Tulang

Nah, untuk jaga kesehatan tulang, kamu harus semakin mempererat persahabatan dengan 3 hal berikut:

1. Kalsium

Sahabat pertama yang harus kamu akrabi adalah Kalsium! Sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen, ada baiknya untuk penuhi kebutuhan Kalsium. Kamu pasti sudah tidak asing lagi bahwa Kalsium adalah salah satu nutrisi paling penting untuk jaga kesehatan tulang kamu kan. Kebutuhan akan nutrisi ini adalah kira-kira 1.000 mg setiap harinya. Nah, konsumsi nutrisi ini juga mesti dibarengi dengan vitamin D. Ini karena vitamin D bermanfaat untuk bantu proses penyerapan nutrisi Kalsium.

Oiya, kamu bisa juga mengecek kepadatan tulang agar tahu seberapa banyak konsumsi Kalsium yang mesti kamu penuhi. Jangan lupa untuk punya asuransi kesehatan pula, jika bisa asuransi yang meng-cover biaya konsultasi dokter dan medical check-up.

2. Tali skipping

Alat ini cukup mudah ditemukan dan harganya juga murah.  Menurut Vonda Wright, MD, seorang spesialis tulang yang berasal dari Pittsburgh berujar bahwa lompat tali merupakan latihan fisik yang dapat menguatkan tulang. Namun latihan ini cocok bagi mereka yang punya bobot tubuh ideal atau di bwah rata-rata. Mereka yang punya bobot tubuh berlebih malah akan mengalami cedera lutut. Alasannya adalah ketika seseorang melakukan lompat tali maka mereka harus menanggung beban 4 kali lipat dari bobot tubuh mereka. Jadi, kalau kamu misalnya punya bobot 100 kg maka beban yang ditanggung adalah 400 kg. Wah, malah bikin sakit.

3. Dumbbell

Nah latihan ini bisa dilakukan siapa saja. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu jalan kaki ataupun naik tangga dengan variasi yakni sambil mengangkat dumbbell. Perlu diingat untuk pilih dumbbell sesuai dengan kekuatan masing-masing ya.

 

Musuh yang Bisa Rusak Kesehatan Tulang

Jika tadi kita sudah menyebutkan 3 sahabat kamu untuk jaga kesehatan tulang maka sekarang saatnya untuk tahu siapa musuh si tulang?

Minuman bersoda! Ya, khususnya para wanita, mereka yang mengonsumsi minuman bersoda berpotensi mengalami pengeroposan kepadatan tulang dengan risiko lebih tinggi. Jadi, kalau ingin ‘minum enak’, lebih baik pilih teh. Manfaat teh, menurut penelitian yang dilakukan oleh National Cheng Kung University Hospital yang berada di Taiwan, memiliki khasiat yang baik untuk tulang kita.

Ada satu hal lagi yang tidak boleh dilupakan, proteksi diri kamu untuk hadapi masa depan. Memang menjaga kesehatan tulang dengan cara-cara di atas dapat membuat kamu tetap bugar dan dapat beraktivitas normal. Tetapi, ingat, yang namanya penuaan tidak bisa dihindari. Salah satunya pengeroposan tulang, kamu tidak bisa hindari tetapi kamu bisa perlambat. Oleh karena itu, memiliki proteksi untuk masa depan tentu akan jauh lebih baik lagi. Salah satu proteksi masa depan yang bisa kamu ambil tak lain adalah asuransi kesehatan dan asuransi jenis lainnya yang sesuai kebutuhan kamu. Kamu bisa pula memadukan asuransi dari pihak swasta dengan ‘asuransi’ dari pemerintah yakni BPJS kesehatan. Dengan begitu, proteksi yang kamu dapat di kemudian hari, apalagi sakit, bisa double!