Apa Penyebab Bibir Pecah-Pecah?

Share

Bibir pecah-pecah dapat mengganggu penampilan seseorang. Kondisi yang lebih parah dapat menyebabkan rasa nyeri terutama saat makan atau berbicara. Apa penyebab bibir pecah-pecah?

1. Dehidrasi
Dehidrasi adalah kondisi tubuh kekurangan cairan. Salah satu gejala dehidrasi adalah bibir kering dan pecah-pecah.

2. Udara Kering
Di daerah yang mengalami musim dingin (winter) udara dingin dan kering sehingga membuat bibir mudah kehilangan kelembaban sehingga kering dan pecah-pecah.

3. Alergi
Sebagian orang memiliki alergi terhadap bahan tertentu dengan gejala bibir pecah-pecah. Kosmetik atau bahan perawatan tubuh dapat mengandung bahan berpotensi menimbulkan alergi. Contohnya guaiazulene yang terdapat dalam pasta gigi, atau phenyl salicylate (salol) yang terdapat dalam lipstick.

4. Makanan
Bibir pecah-pecah dapat disebabkan oleh makanan. Jenis asam tertentu dalam buah citrus bisa menyebabkan bibir lebih sensitif terhadap sinar matahari sehingga menyebabkan bibir pecah pecah. Beberapa jenis permen juga dapat mengurangi kelembaban kulit bibir.

5. Penyakit
Beberapa jenis penyakit memiliki gejala bibir kering dan pecah pecah misalnya penyakit tiroid atau psoriasis.

6. Obat
Bibir pecah-pecah bisa merupakan efek samping penggunaan obat tertentu misalnya Accutane, propranolol, atau prochlorperazine.

7. Bernapas Melalui Mulut
Bernapas melalui mulut dapat menghilangkan kelembaban bibir sehingga menyebabkan bibir pecah-pecah. Hal ini sering dialami orang yang tidur mendengkur atau orang nyang mengalami penyakit yang disebut sleep apnea.