Apa Manfaat Olahraga Renang bagi Kesehatan?

Share

Manfaat berenang - VistaBundaDotCom

Salah satu bentuk olahraga yang banyak dilakukan orang adalah renang. Renang merupakan salah satu bentuk olahraga terbaik karena melibatkan gerakan hampir semua anggota tubuh. Renang mudah dipelajari dan dilakukan bahkan oleh orang cacat sekalipun karena renang hanya membutuhkan kemampuan mengelola keseimbangan dalam mengambangkan diri di permukaan air. Renang juga tidak mengharuskan seseorang menggunakan tenaga yang besar. Ada banyak manfaat renang bagi kesehatan, berikut beberapa diantaranya.

Memperkuat Otot
Renang bermanfaat untuk memperkuat otot-otot tertentu. Renang baik untuk latihan kekuatan otot terutama otot lengan, kaki, dan perut.

Meningkatkan Fleksibilitas
Fleksibilitas tubuh atau kelenturan tubuh adalah kemampuan tubuh untuk memaksimalkan gerakan menjauhkan anggota tubuh misalnya jangkauan tangan atau kaki. Olahraga renang melatih lengan dan tungkai secara bersamaan sehingga dapat meningkatkan fleksibilitas tubuh.

Menjaga Kesehatan Sirkulasi dan Respirasi
Berenang secara teratur diketahui dapat meningkatkan kesehatan sistem sirkulasi (sistem peredaran darah) dan sistem respirasi (sistem pernapasan).

Mengendalikan Berat Badan
Jika anda ingin mengurangi berat badan atau mengendalikan berat badan, renang bisa menjadi olahraga yang dapat membantu anda. Renang membantu anda membakar lemak sehingga mengurangi cadangan lemak tubuh anda.

Memperkuat Ketahanan Fisik
Renang adalah latihan yang baik untuk memperkuat daya tahan fisik karena renang dapat meningkatkan kinerja jantung dan kapasitas paru-paru. Ketahanan fisik yang baik membuat seseorang mampu bekerja lebih lama dan tidak mudah capek.

Meningkatkan Mood
Renang adalah salah satu bentuk aktivitas yang dapat meningkatkan mood anda. Mood yang baik dapat mengurangi resiko stress dan meningkatkan semangat dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Rajin berolahraga renang dapat meningkatkan rasa percaya diri. Hal ini dikarenakan renang membantu meningkatkan kebugaran, memperbaiki postur tubuh, dan mengurangi stress.