8 Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan

Share

Manfaat minum air putih - VistaBundaDotCom
Minum air putih yang cukup sangat disarankan kepada setiap orang. Orang dewasa disarankan minum setidaknya 2 liter air sehari. Tubuh kita selalu mengeluarkan air melalui urin, keringat, pernapasan dan saat berbicara. Oleh karena itu mencukupi kebutuhan air minum sangat penting untuk mempertahakan kesehatan dan kebugaran tubuh. Apa manfaat air bagi tubuh kita? Ada banyak sekali manfaat air bagi tubuh kita, berikut beberapa diantaranya.

1. Melancarkan Pencernaan
Air adalah zat penting yang diperlukan dalam membantu proses pencernaan. Minum air putih setelah makan sangat baik untuk melancarkan pencernaan sehingga mengurangi resiko gangguan fungsi pencernaan. Menjaga kecukupan asupan air setiap hari membantu melancarkan buang air besar sehingga mengurangi resiko konstipasi.

2. Membuang Toksin dari dalam Tubuh
Minum cukup air setiap hari membantu anda membersihkan tubuh anda dari dalam. Salah satu peran penting air dalam tubuh adalah sebagai pelarut toksin dan bahan limbah metabolisma untuk selanjutnya dikeluarkan dari tubuh melalui urin.

3. Menjaga Kesehatan Ginjal
Banyak minum air putih bermanfaat meringankan fungsi ginjal dan meningkatkan volume air seni yang dikeluarkan tubuh. Jarang buang air kecil akan meningkatkan resiko pembentukan batu ginjal.

4. Menjaga Kehalusan Kulit
Kulit yang sehat dan halus membutuhkan hidrasi yang cukup agar terjaga kelembabannya. Memenuhi kebutuhan harian akan air minum membantu mencegah berbagai kondisi seperti kulit kering, kulit berkerut, kulit berbintik, dan eksim.

5. Memperbaiki Mood
Minum air putih diketahui bermanfaat memperbaiki mood. Minum air putih dapat membantu anda menenangkan perasaan yang cemas, gelisah, bahkan perasaan marah. Hal ini dikarenakan minum air putih dapat membuat anda lebih nyaman dan rileks.

6. Menjaga Fungsi Otot dan Sendi
Otot dan sendi akan berfungsi dengan optimal jika terhidrasi dengan cukup. Kurang minum air membuat tubuh menjadi lebih mudah lelah. Saat anda mendapatkan asupan air maka tubuh anda akan terasa lebih bugar.

7. Membantu Mengendalikan Berat Badan
Banyak minum air putih tidak dapat menurunkan berat badan tetapi bermanfaat membangun pola makan yang lebih sehat sehingga membantu mengendalikan berat badan. Minum air sebelum makan akan membuat anda merasa kenyang lebih cepat sehingga terhindar dari kebiasaan makan berlebihan. Banyak minum air juga membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga mengurangi kebiasaan ngemil berlebihan. Banyak minum air putih juga dapat mengurangi keinginan untuk minum minuman manis yang berkalori tinggi.

8. Membuat Awet Muda
Sering minum air putih seringkali dikaitkan dengan perawatan tubuh agar awet muda. Sering minum air putih meningkatkan detoksifikasi tubuh, meningkatkan kesehatan kulit, dan mengurangi resiko stress.