8 Manfaat Vitamin B3 (Niacin)

Share

Manfaat vitamin B3 - VistaBundaDotComVitamin B3 atau niacin umumnya berada dalam tiga bentuk yaitu nicotinic acid, niacinamide, dan inositol hexaniacinate. Vitamin B3 termasuk kelompok vitamin yang larut dalam air. Kekurangan vitamin B3 dalam tubuh dapat menyebabkan gejala-gejala antara lain gangguan pencernaan, lesu, depresi, dan otot lemah atau kram. Beberapa makanan yang merupakan sumber vitamin B3 yang baik  antara lain ikan salmon, ikan tuna, sayuran daun, brokoli, tomat, wortel, ubi jalar, alpukat, kacang, bulir utuh, legume, dan jamur. Pastikan anda mendapatkan cukup asupan vitamin B3 untuk mendapatkan beberapa manfaat kesehatan berikut.

1. Membantu Metabolisma
Vitamin B3 dikenal sebagai nutrien yang membantu  mengubah makanan yang dicerna tubuh makan menjadi energi. Defisiensi vitamin B3 bisa menimbulkan gejala badan lesu dan otot lemah.

2. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol Darah
Vitamin B3 diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Kadar kolesterol darah yang tinggi meningkatkan resiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

3. Membantu Penyerapan Kalsium
Tubuh kita juga memanfaatkan Vitamin B3 untuk membantu penyerapan kalsium  dari makanan. Kalsium sangat penting bagi kesehatan terutama untuk membangun tulang dan gigi yang kuat.

4. Membantu Pertumbuhan
Vitamin B3 sangat penting bagi pertumbuhan tubuh khususnya bagi anak-anak. Vitamin B3 diperlukan untuk pertumbuhan sel pada berbagai jaringan dan organ.

5 . Menambah Nafsu Makan
Mencukupi kebutuhan harian vitamin B3 juga bermanfaat untuk menjaga nafsu makan. Salah satu gejaga defisiensi vitamin B3 adalah berkurangnya nafsu makan.

6. Menjaga Kesehatan Sistem Syaraf
Makan makanan yang banyak mengandung vitamin B3 dapat meningkatkan kesehatan sistem syaraf pusat. Vitamin B3 diketahui dapat membantu mengobati depresi dan schizophrenia.

7. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan
Tubuh kita juga memerlukan vitamin B3 untuk menjaga kesehatan pencernaan. Vitamin B3 diketahui ikut berperan dalam menghasilkan asam hidroklorat yang dibutuhkan untuk melancarkan fungsi pencernaan. Kekurangan vitamin B3 dapat menimbulkan gejala gangguan pencernaan.

8. Menjaga Kesehatan Kulit, Rambut, dan Kuku
Memenuhi kebutuhan asupan harian vitamin B3 juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jaringan luar tubuh seperti kulit, rambut, dan kuku. Vitamin B3 membantu pertumbuhan sel dan regenerasi sel pada jaringan kulit, rambut, dan kuku.