10 Manfaat Apel bagi Kesehatan

Share

Manfaat apel - VistaBundaDotCom

Apel adalah buah favorit bagi banyak orang. Bukan tanpa alasan kalau banyak orang menyukai buah apel, karena selain rasanya enak, orang juga ingin mendapatkan khasiat buah apel. Manfaat apel untuk kesehatan telah banyak diteliti oleh ahli pangan. Berikut beberapa manfaat buah apel bagi kesehatan.

1. Memberikan Energi
Pada umunya orang mengkonsumsi karbohidrat sebagai sumber energi. Apel dikenal dapat menjadi makanan sehat sumber tenaga sebagai substitusi (pengganti) nasi atau roti bagi orang yang ingin mengurangi konsumsi karbohidrat untuk mengurangi berat badan.

2. Membantu Menurunkan Kolesterol
Apel mengandung serat larut yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol darah.

3. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung
Karena serat larut dalam apel dapat menurunkan kolesterol, maka makan apel secara teratur juga dapat mengurangi resiko penyakit jantung akibat kolesterol tinggi. Zat pectin terdapat pada apel juga berperan dalam mencegah penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah.

4. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Apel seringkali diberikan kepada pasien karena memiliki karena apel mengandung antioksidan dan anti-inflamasi. Apel mengandung vitamin A, vitamin C, dan zat yang disebut quercetin yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

5. Mengurangi Resiko Kanker
Kulit apel mengandung quercetin, senyawa antioksidan yang mencegah kerusakan dan perubahan sel akibat molekul oksigen yang dapat menyebabkan kanker.

6. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Serat yang terdapat pada apel bermanfaat menjaga kesehatan pencernaan karena membantu melancarkan pencernaan sehingga dapat mencegah dan menyembuhkan konstipasi (sembelit).

7. Membantu Merawat Diabetes
Apel dianjurkan bagi penderita diabetes karena apel mengandung pectin yang bermanfaat mengurangi kebutuhan insulin tubuh.

8. Menjaga Kesehatan Mata
Apel mengandung vitamin A dan vitamin C yang sangat penting bagi kesehatan mata terutama untuk mencegah terjadinya rabun senja.

9. Merawat Anemia
Apel mengandung zat besi yang sangat dibutuhkan oleh penderita anemia (kurang darah).

10. Mencegah Hipertensi
Apel mengandung kalium yang berguna bagi tubuh untuk membantu tubuh mengendalikan tekanan darah.

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *