Bagaimana Cara Mengurangi Kebiasaan Jajan pada Anak? (8 Tips)

Share

Mengurangi kebiasaan jajan pada anak - VistaBundaDotCom

Meskipun jajan adalah kebiasaan wajar bagi anak-anak, tetapi orangtua harus bisa mengendalikan kebiasaan tersebut. Kebiasaan jajan dapat membuat anak malas makan di rumah, kurang nutrisi, atau membuat anak makan berlebihan. Jajanan di luar juga belum tentu sehat dan higienis. Jajanan yang tidak sehat dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan pencernaan seperti diare, sembelit, perut kembung, dsb. Bagaimana cara mengatasi kebiasaan anak jajan di luar? Berikut beberapa tips membatasi keinginan anak untuk jajan.

Batasi Uang Jajan Anak
Anak bisa jajan karena ia memiliki cukup uang untuk jajan. Batasi uang jajan anak, agar ia tidak jajan secara berlebihan.

Pastikan Anak Mendapatkan Makan yang Cukup
Anak yang tidak makan atau makan terlalu sedikit cenderung suka jajan karena lapar. Jika anak makan dengan cukup, maka meskipun ia memiliki uang, belum tentu ia akan menggunakannya untuk jajan.

Ajari Anak Berhemat dan Menabung
Mengajari anak dan berhemat sejak dini sangat penting untuk mendidik anak mengatur keuangan pribadi. Jika anak sudah memiliki kesadaran berhemat dan kebiasaan menyisihkan sebagian uang jajan untuk tabungan, ia akan cenderung menahan diri dan tidak mudah tergoda untuk untuk menghabiskan uangnya untuk jajan.

Siapkan Bekal Anak
Siapkan bekal makanan saat anak berangkat ke sekolah. Membawa bekal sendiri menjamin anak mendapatkan makanan sehat dan aman.

Perhatikan Makanan Kesukaan Anak
Banyak anak yang tidak suka makan di rumah karena kurang cocok dengan menu yang ada. Orangtua sebaiknya memperhatikan makanan kesukaan anak sehingga membuat anak mendapatkan cukup makan di rumah.

Siapkan Menu Makanan Sehat
Menu makanan sehat akan memenuhi kebutuhan nutrisi anak secara lengkap. Tercukupinya kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral akan menjamin anak merasa kenyang lebih lama.

Beri Teladan Kebiasaan Makan yang Sehat
Kebiasaan jajan bisa jadi dipengaruhi lingkungan dan gaya hidup. Contohnya, jika anda terbiasa jajan setelah makan, maka anak juga menjadi terbiasa dengan perilaku tersebut.

Berikan Pengertian Resiko Jajan Sembarangan
Berikan penjelasan kepada anak mengenai resiko jajan makanan sembarangan. Berikan pengetahuan pada anak mengenai jenis makanan yang sehat dan tempat jajan yang sehat. Hal ini akan membantu anak untuk selektif saat jajan dan mengurangi keinginan anak untuk jajan sembarangan.