Manfaat Makan labu bagi Kesehatan

Share

Manfaat makan labu - OlvistaDotComBuah labu adalah jenis bahan makanan yang populer di seluruh dunia. Di Indonesia, labu lebih sering digunakan sebagai bahan makanan untuk membuat jenis makanan tradisional tertentu seperti kolak dan kue. Seiring dengan semakin banyak orang mengenal masakan asing yang menggunakan bahan labu, buah ini mulai banyak digemari oleh masyarakat untuk membuat makanan kontemporer seperti es krim, bolu, dessert, soup, pie, pancake, dsb . Buah labu yang memilik daging berwana kuning atau jingga diketahui kaya akan nutrisi bagi kesehatan. Beberapa manfaat makan buah labu antara lain sebagai berikut.

Menjaga Kesehatan Mata
Vitamin A adalah nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan mata dari berbagai gangguan kesehatan mata. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan gangguan pengelihatan. Buah labu merupakan salah satu sumber vitamin A yang istimewa.

Membantu Metabolisma
Kelompok vitamin B yang disebut vitamin B kompleks sangat bermanfaat bagi kesehatan terutama dalam membantu metabolisma tubuh. Buah labu mengandung sejumlah vitamin dari kelompok vitamin B kompleks yaitu vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, dan vitamin B6.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Sering makan buah labu dapat membantu meningkatkan asupan harian akan vitamin C karena buah labu banyak mengandung vitamin C yang berkhasiat membantu memperkuat daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Menjaga Kesehatan Kulit
Labu adalah salah satu bahan makanan yang menyediakan vitamin E yang dapat menambah asupan harian vitamin E. Vitamin E dikenal memiliki khasiat menjaga kesehatan dan kehalusan kulit.

Menjaga Fungsi Kelenjar Tiroid
Kekurangan asupan mineral tembaga dalam tubuh dapat mengurangi fungsi kelenjar tiroid dalam menghasilkan hormon tiroksin. Buah labu dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang banyak mengandung mineral tembaga yang diperlukan dalam menjaga fungsi kelenjar tiroid.

Mengurangi Resiko Anemia
Buah labu adalah salah satu bahan makanan yang banyak mengandung zat besi. Zat besi sangat diperlukan oleh tubuh kita terutama untuk memproduksi sel darah merah. Kekurangan zat besi dalam tubuh dapat menyebabkan anemia (kurang darah).

Mengurangi Resiko Tekanan Darah Tinggi
Tekanan darah tinggi dapat disebabkan karena terlalu banyak asupan sodium. Makan buah labu dapat mengurangi resiko tekanan darah tinggi karena buah labu banyak mengandung potassium yang dapat mencegah efek kenaikan tekanan darah karena kelebihan sodium dalam tubuh.