7 Manfaat Makan Nanas

Share

Manfaat makan nanas - VistaBundaDotComSiapa yang tidak kenal buah nanas? Nanas adalah tumbuhan tropis yang sangat cocok tumbuh di Indonesia. Ada banyak jenis nanas yang umumnya memiliki daging berwarna kuning terang atau kuning pucat. Nanas memiliki rasa manis dan sedikit asam yang sangat khas. Selain dimakan sebagai buah konsumsi dan diminum sebagai jus nanas, buah nanas banyak digunakan sebagai bahan makanan pada bermacam-macam jenis hidangan seperti kue, salad, rujak, sambal, dan lain sebagainya. Apa manfaat mengkonsumsi nanas bagi kesehatan? Ada banyak manfaat makan nanas, berikut beberapa diantaranya.

1. Memperkuat Kekebalan Tubuh
Nanas kaya akan vitamin C yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan (imunitas) tubuh terhadap berbagai potensi gangguan kesehatan.

2. Melindungi Sel Terhadap Kerusakan Radikal Bebas
Buah nanas kaya akan mineral mangan yang merupakan antioksidan. Antioksidan sangat penting bagi tubuh kita untuk menangkal reaktivitas radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel.

3. Membantu Metabolisma Tubuh
Metabolisma adalah proses vital dalam tubuh kita dalam mengubah makanan yang dicerna untuk menghasilkan energi. Makan buah nanas dapat membantu meningkatkan metabolisma tubuh karena banyak mengandung vitamin B1, vitamin B5,  dan vitamin B6 yang berperan penting dalam membantu metabolisma.

4. Membantu Pembentukan Sel-Sel Darah Merah
Sering makan buah nanas bermanfaat menjaga kecukupan sel darah merah yang sangat vital bagi tubuh kita. Buah nanas kaya akan mineral tembaga yang sangat diperlukan dalam pembentukan sel-sel darah merah.

5. Membantu Melancarkan Pencernaan
Makan buah nanas bisa menjadi salah satu cara untuk menambah asupan serat pangan karena buah ini banyak mengandung serat. Serat sangat penting untuk membantu melancarkan pencernaan tubuh dan membantu melindungi kesehatan usus.

6. Mengurangi Resiko Penyakit Kardiovaskular
Buah nanas banyak mengandung folat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Memenuhi kebutuhan tubuh akan folat dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

7. Mengurangi Resiko Gangguan Sistem Respirasi
Nanas kaya akan bahan kimia alami yang disebut bromelain. Bromelain dikenal memiliki khasiat menjaga kesehatan saluran pernapasan atas serta mengurangi resiko sinusitis dan bronchitis.