6 Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Share

Cara menjaga kesehatan paru-paruBernapas merupakan proses vital dalam kehidupan. Organ yang mempunyai peran sentral dalam sistem pernapasan adalah paru-paru. Paru-paru berperan menampung oksigen yang dihirup dan mendistribusikan ke seluruh tubuh melalui aliran darah untuk membantu penyelenggaran fungsi sel, jaringan dan organ tubuh. Oleh karena itu menjaga kesehatan paru-paru sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan paru-paru.
 
1. Lakukan Olahraga Secara Rutin
Olahraga secara rutin dapat memberikan manfaat bagi kesehatan paru-paru. Saat melakukan olahraga paru-paru kita bekerja lebih keras dalam menghirup oksigen sehingga jika dilakukan secara rutin bermanfaat meningkatkan kapasitas paru-paru dan meningkatkan kinerja paru-paru.

2. Ciptakan Lingkungan Tinggal yang Sehat
Sering menghirup udara yang kotor atau mengandung polutan dapat meningkatkan resiko penyakit paru-paru. Jagalah kebersihan lingkungan dan kualitas udara di sekitar tempat tinggal. Usahakan untuk menjaga udara yang dihirup tetap segar, memiliki pertukaran yang baik, dan tidak terlalu lembab atau terlalu kering.

3. Hindari Paparan Polusi
Hindari paparan polusi pada lingkungan yang berudara tidak sehat karena banyak mengandung debu, asap, abu, dsb. Gunakan masker saat mengendarai motor. Gunakan alat keselamatan kerja termasuk masker pada lingkungan kerja yang udaranya mengandung polusi.

4. Penuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh
Gangguan kesehatan pada tubuh kita termasuk gangguan kesehatan paru-paru dapat disebabkan karena kurangnya asupan nutrisi tertentu. Protein, vitamin, dan mineral sangat bermanfaat menjaga kesehatan sel, jaringan, dan organ tubuh termasuk mendetoksifikasi tubuh dan mencegah timbulnya kanker paru-paru.

5. Pilih Produk yang Aman
Pilihlah produk yang aman bagi kesehatan paru-paru. Hindari menggunakan bahan yang mengandung zat kimia berbahaya yang dapat terhirup misalnya produk yang berbau tajam atau mudah melepaskan partikel berbahaya (misalnya merkuri, timbal, dan lain sebagainya).

6. Jangan Merokok
Asap rokok mengandung banyak zat yang berbahaya bagi kesehatan. Merokok tidak baik bagi kesehatan karena asap rokok yang terhirup dapat menggangu fungsi sel, jaringan, dan organ tubuh. Asap rokok yang terhirup dapat sampai ke paru-paru. Dalam jangka panjang pengaruh asap rokok dapat merusak fungsi paru-paru.