Manfaat Mengkonsumsi Asparagus

Share

Manfaat makan asparagus

Asparagus dikenal sebagai salah satu jenis tanaman sayur. Asparagus bukan merupakan jenis tanaman lokal sehingga asparagus hanya dapat ditemukan di supermarket dan pasar modern. Asparagus biasa diolah sebagai makanan dengan dikukus, dibakar, digoreng, bahkan dimakan mentah. Asparagus semakin dikenal dan semakin banyak dikonsumsi masyarakat. Sebagian orang suka rasanya, sebagian lain menggunakan asparagus sebagai pelengkap resep hidangan tertentu. Ada juga orang yang mengkonsumsi asparagus sebagai alternatif menu makanan untuk mendapatkan manfaat nutrisinya atas rekomendasi ahli kesehatan atau pakar perawatan. Apa manfaat makan asparagus bagi kesehatan? Berikut beberapa manfaat makan sayur asparagus.

1. Menjaga Kesehatan Tulang
Makan asparagus bermanfaat bagi tulang. Asparagus kaya akan vitamin K yang sangat diperlukan untuk membangun struktur tulang yang padat dan kuat.

2. Menjaga Kesehatan Mata
Mengkonsumsi asparagus dapat memberikan manfaat bagi kesehatan mata. Asparagus banyak mengandung vitamin A yang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan mata dan mengurangi resiko gangguan pengelihatan.

3. Memperkuat Kekebalan Tubuh
Asparagus kaya akan vitamin C. Vitamin C dikenal sebagai nutrisi yang memiliki khasiat meningkatkan imunitas tubuh terhadap berbagai penyakit.

4. Membantu Metabolisma
Mengkonsumsi asparagus baik untuk metabolisma tubuh karena banyak mengandung vitamin B1. Vitamin B1 turut berperan membantu tubuh menghasilkan energi.

5. Mengurangi Resiko Anemia
Defisiensi zat besi dapat menyebabkan anemia. Makan asparagus dapat mengurangi resiko anemia karena asparagus banyak mengandung zat besi yang diperlukan tubuh untuk memproduksi sel darah merah.

6. Menjaga Kesehatan Otak
Asparagus banyak mengandung tembaga. Tembaga adalah mineral yang penting bagi otak dan membantu fungsi otak.

7. Menjaga Mood
Asparagus banyak mengandung tryptophan. Tryptophan adalah nutrien yang diperlukan untuk menghasilkan hormon serotonin. Hormon serotonin diketahui mempengaruhi mood.

8. Mengurangi Resiko Penyakit Kanker
Asparagus kaya akan antikosidan antara lain glutathione, vitamin A, vitamin C, seng, mangan, dan selenium. Antioksidan bermanfaat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan mutasi sel dan kanker.