8 Manfaat Senam Hamil

Share

Manfaat senam hamil - VistaBundaDotCom

Salah satu bentuk aktivitas fisik yang dianjurkan bagi wanita hamil adalah mengikuti kelas senam hamil. Senam hamil dapat memberikan beberapa manfaaat bagi kesehatan dan kebugaran wanita hamil. Apa manfaat senam hamil? Berikut beberapa manfaat mengikuti senam hamil.

1. Meningkatkan Kebugaran Tubuh
Wanita hamil seringkali merasakan lesu. Senam kehamilan bisa meningkatkan kebugaran tubuh bagi wanita hamil yang bekerja. Latihan ringan dalam senam kehamilan dapat meningkatkan kekuatan otot dan meningkatkan sirkulasi darah sehingga tubuh tidak cepat lelah.

2. Membantu Tidur Lebih Nyenyak
Wanita hamil sering mengalami masalah sulit tidur karena rasa tidak nyaman. Senam hamil bisa membantu menyalurkan energi sehingga membuat tidur lebih nyenyak.

3. Mengurangi Rasa Tidak Nyaman
Latihan dalam senam hamil dapat membantu tubuh mengurangi rasa tidak nyaman akibat pusing dan nyeri punggung.

4. Mengurangi Resiko Konstipasi
Latihan fisik dalam senam hamil dapat membantu kerja usus sehingga dapat mengurangi sembelit (konstipasi) saat hamil.

5. Mengurangi Stress Kehamilan
Melakukan aktivitas fisik dapat meningkatkan aktivitas serotonin dalam otak sehingga mengurangi resiko depresi.

6. Mengurangi Resiko Diabetes Kehamilan
Wanita hamil dapat mengalami diabetes yang disebut diabetes kehamilan. Melakukan aktivitas fisik seperti latihan senam dapat menurunkan resiko diabetes kehamilan.

7. Mempersiapkan Persalinan
Mengikuti kelas senam hamil dapat membantu meningkatkan stamina dan mental yang dapat membantu memperlancar proses persalinan.

8. Mempercepat Pemulihan Tubuh Setelah Melahirkan
Mengikuti kelas senam hamil dapat mempertahankan kebugaran tubuh yang dapat mempercepat pemulihan fisik dan psikologis setelah melahirkan.