Manfaat Jus Alpukat untuk Kesehatan

Share

Anda suka jus alpukat? Selain rasanya yang lezat, buah alpukkat juga kaya manfaat. Buah alpukat dianggap sebagai salah satu jenis buah yang paling menyehatkan. Buah alpukat mengandung banyak vitamin yaitu vitamin A, B, C, E, dan K. Buah ini juga mengandung beberapa mineral yaitu kalium, kalsium, besi, dan tembaga. Alpukat juga mengandung lemak sehat. Beberapa manfaat jus alpukat antara lain:

1. Menurunkan Kolesterol
Alpukat mengandung asam oleat, suatu jenis lemak tak jenuh tunggal (mono-unsaturated fat) yang bermanfaat menurunkan kadar kolesterol darah.

2. Menyehatkan Jantung
Alpukat juga kaya folat, yang dikenal sebagai nutrisi yang menyehatkan jantung.

3. Mencegah Hipertensi
Alpukat kaya akan kalium, mineral yang membantu mengendalikan tekanan darah.

4. Mencegah Kanker dan Memperlambat Efek Penuaan
Alpukat mengandung vitamin C, vitamin E, dan glutathione yang merupakan antioksidan yang mencegah kanker dan memperlambat penuaan.

5. Menjaga Kesehatan Mata
Alpukat mengandung carotenoid lutein yang berperan mencegah degenerasi makula dan katarak, yang biasa dialami orang lanjut usia.

6. Mencegah Radang Sendi (Artritis)
Alpukat mengandung nutrien anti radang (anti inflamasi) berupa polifenol dan flavonoid yang mencegah radang sendi seperti pada penyakit artritis tulang (osteoartritis) dan rematik.

7. Menyehatkan Otak
Asam lemak omega-3 dan folat yang terdapat dalam buah alpukat dikenal sebagai nutrisi otak. Alpukat bermanfaat mencegah penyaki Alzheimer karena mengandung antioksidan. Alpukat juga berkhasiat mencegah stroke karena membantu menurunkan kolesterol darah.