10 Tips Agar Bangun Lebih Pagi

Share

Tips agar bangun lebih pagiBangun pagi merupakan kebiasaan yang baik. Kebiasaan bangun pagi membuat seseorang memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan segala aktivitas dengan baik tanpa tergesa-gesa. Sebagian orang sulit untuk bangun pagi karena berbagai penyebab seperti kebiasaan begadang, tidur yang tidak teratur, tidak memiliki motivasi, dsb. Jika anda sering bangun kesiangan dan ingin mencoba untuk bangun lebih pagi, berikut ada beberapa saran yang dapat anda coba.

1. Gunakan Alarm
Jika anda sulit bagun pagi karena sulit terjaga, anda dapat menggunakan alarm dari jam weker, jam meja,  atau dari ponsel anda. Set waktu alarm pada jam yang anda inginkan. Jangan meletakkan jam tersebut di dekat tempat tidur yang memungkinkan anda mematikan alarm sambil setengah tidur. Letakkan di tempat yang cukup jauh, sehingga anda harus bangun dari tempat tidur untuk mematikan alarm tersebut saat ia membangunkan anda.

2. Segera Turun Dari Tempat Tidur Saat Terjaga
Begitu terjaga dari tidur di pagi hari segeralah turun dari tempat tidur, jangan membiarkan diri terlena kembali di peraduan. Salah satu penyebab utama orang susah bangun pagi adalah karena malas, dimana saat terjaga ia tidak segera bangun dan turun dari tempat tidur.

3. Cuci Muka
Mencuci muka sangat efektif untuk menghilangkan kantuk. Segera cuci muka saat bangun dari tidur di pagi hari. Hal ini akan segera membuat muka lebih segar sehingga kantuk akan segera hilang.

4. Minum Air Putih
Segera minum air putih saat terjaga di pagi hari. Minum air putih adalah cara sederhana yang praktis bagi sebagian orang untuk mencegah kantuk saat bangun di pagi hari. Minum air putih saat bangun pagi tidak hanya bermanfaat mengembalikan kesegaran tubuh dengan hidrasi tetapi juga dapat menghilangkan kantuk.

5. Miliki Alasan
Anda akan sulit mengubah kebiasaan jika anda tidak memiliki motivasi dan alasan yang kuat. Rencanakan aktivitas yang akan anda lakukan saat bangun di pagi hari misalnya merawat tubuh, berolahraga, memasak, dan lain sebagainya.

6. Buat Jadwal Tidur yang Teratur
Tidur terlalu larut malam atau tidur tidak teratur dapat menyebabkan seseorang sulit untuk bangun tidur secara teratur. Perhitungkan durasi tidur yang cukup bagi anda dan buatlah jadwal waktu tidur. Anda akan terbangun dengan sendirinya jika tubuh anda telah mendapatkan istirahat yang cukup dan berkualitas.

7. Dapatkan Hal yang Menyenangkan
Jika saat bangun pagi anda belum memiliki kesibukan, cobalah pikirkan hal menyenangkan yang dapat anda lakukan di pagi hari saat bangun dari tidur. Anda bisa mendengarkan musik, menonton TV, memberi makan hewan kesayangan, dan lain sebagainya.

8. Terapkan Pola Hidup yang Sehat
Kebiasaan bangun tidur tidak teratur seringkali dipengaruhi oleh kurangnya kualitas tidur. Kualitas tidur dipengaruhi pola hidup. Kebiasaan buruk seperti makan berlebihan, makan sebelum tidur, banyak mengkonsumsi kafein, tidur sambil menonton TV, dsb dapat menyebabkan seseorang tidak dapat tidur dengan nyenyak dan teratur.

9. Posisikan  Tempat Tidur Lebih Dekat Jendela
Sebagian orang terbantu bangun pagi jika tidur lebih dekat dengan jendela kamar. Menempatkan posisi tempat tidur dekat jendela membantu anda mengenali adanya cahaya matahari pagi yang menandakan pagi telah tiba.

10. Ciptakan Kamar Tidur yang Nyaman
Kualitas tidur ditandai dengan tidur yang nyenyak dalam durasi yang cukup. Kualitas tidur dipengaruhi oleh lingkungan tempat tidur. Kamar tidur yang nyaman akan membantu anda mendapatkan tidur yang berkualitas. Sebaliknya suasana kamar tidur yang tidak nyaman seperti panas, kotor, bising, dsb menyebabkan anda susah tidur sehingga sering terlambat bangun.