7 Kebiasaan yang Dapat Menyebabkan Rambut Rontok

Share

Setiap orang ingin memiliki rambut yang sehat dan indah. Untuk memiliki rambut yang sehat dan indah diperlukan usaha perawatan yang memadai. Kebiasaan buruk dalam merawat rambut dapat menyebabkan rambut rontok. Berikut beberapa hal yang dapat meyebabkan rambut rontok.

1. Jarang Mencuci Rambut dengan Shampoo
Mencuci rambut dengan shampoo sangat penting untuk menjaga kebersihan kulit kepala dan rambut. Shampoo juga memberi nutrisi pada kulit kepala dan rambut sehingga membantu menjaga rambut tumbuh sehat. Jarang mencuci rambut dapat membuat rambut kusam dan tidak sehat sehingga rapuh dan mudah patah.

2. Terlalu Sering Mencuci Rambut

Mencuci rambut setiap hari dapat menyebabkan kelenjar sebum (minyak yang menjaga kelembaban kulit kepala) bekerja lebih keras untuk menghasilkan minyak. Hal ini dapat menyebabkan rambut kusam dan berminyak dan memicu rambut rontok. Cucilah rambut setiap dua hari sekali.

3. Menggunakan Conditioner Berlebihan
Conditioner berguna untuk menjaga kelembaban rambut dan kulit kepala. Conditioner banyak mengandung protein sehingga jika terlalu banyak diberikan pada rambut dapat membuat rambut rapuh dan mudah patah.

4. Menyisir Rambut yang Basah
Rambut yang basah lebih lembut dan lebih mudah patah. Gunakan sisir dengan gigi jarang saat menyisir rambut basah.

5. Mengikat Rambut yang Basah
Rambut yang diikat saat basah dapat memicu tumbuhnya jamur dan menimbulkan rasa gatal pada rambut. Hal ini dapat menyebabkan infeksi pada kulit kepala dan kerapuhan pada rambut.

6. Merokok
Merokok dapat mengurangi kesuburan rambut dan memicu rambut rontok. Asap rokok yang mengandung banyak zat kimia berbahaya dapat merusak pembuluh darah sehingga mengganggu suplaiĀ  darah dan nutrisi ke folikel rambut.

7. Stress
Stress pada pria akan menyebabkan produksi hormon testoteron dan dihidrotestoteron (DHT). Kelebihan hormon ini akan meresap ke batang rambut yang menyebabkan penipisan pada rambut, sehingga menyebabkan rambut tidak sehat dan rapuh.