8 Manfaat Makan Ikan Salmon bagi Kesehatan

Share

Manfaat makan ikan salmon - VistaBundaDotCom

Salmon adalah spesies ikan dari famili salmonidae. Salmon adalah ikan yang lahir di sungai tetapi hidup di laut. Saat akan bertelur salmon akan kembali ke sungai. Salmon sangat populer sebagai ikan konsumsi karena rasa dan khasiatnya yang istimewa. Ikan salmon kaya akan asam lemak omega-3 yang merupakan nutrisi esensial bagi kesehatan tubuh. Berikut bebetapa manfaat ikan salmon bagi kesehatan tubuh.

1. Menyehatkan Jantung dan Pembuluh Darah
Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang membantu menurunkan kolesterol darah, menjaga kelenturan pembuluh darah, dan memperkuat otot-otot jantung. Salmon juga mengandung asam amino esensial yang membantu memperbaiki kerusakan jaringan jantung dan pembuluh darah.

2. Menjaga Kesehatan Mata
Asam lemak omega-3 dikenal berguna untuk melawan degenerasi makular karena usia. Selain itu asam lemak omega-3 juga membantu mencegah gejala mata kering kronis.

3. Menyehatkan Otak dan Syaraf
Asam lemak omega-3 meningkatkan fungsi otak. Salmon juga mengandung asam amino, vitamin A, vitamin D, dan selenium berperan melindungi sistem syaraf dari efek penuaan dan berfungsi sebagai anti-depressant serta membantu menyembuhkan penyakit Alzheimer.

4. Mencegah Kanker
Salmon mengandung vitamin D dan selenium yang cukup tinggi yang berperan mencegah beberapa jenis kanker tertentu antara lain kanker payudara, kanker prostat, dan kanker kolorectal.

5. Menyehatkan Kulit dan Rambut
Asam lemak omega-3 mengunci kelembaban dalam sel-sel kulit, mendorong produksi kolagen dan serat elastin yang menyehatkan kulit, mengurangi efek peradangan kulit, dan membuat kulit terlihat muda. Omega-3 juga dikenal memberikan nutrisi pada folikel rambut, membantu rambut tumbuh sehat, dan mencegah rambut rontok. Protein adalah nutrisi penting lainnya yang terdapat pada ikan salmon.

6. Membantu Kelancaran Metabolisma dan Mencegah Diabetes
Asam lemak omega-3, vitamin D, dan selenium, ketiganya membantu mempengaruhi insulin sehingga membantu penyerapan glukosa oleh sel-sel tubuh dan menurunkan kadar glukosa darah serta mencegah diabetes.

7. Anti inflamasi
Asam lemak omega-3 mengurangi inflamasi pada pembuluh darah dan sistem pencernaan.

8. Antioksidan
Selenium yang terdapat dalam salmon membantu tubuh menangkal radikal bebas sehingga mencegah kerusakan sel akibat stress oksidatif.