8 Manfaat Makan Kacang Almond

Share

Manfaat makan almond - VistaBundaDotCom

Kacang almond atau biji almond adalah bahan makanan sehat yang banyak ditambahkan pada berbagai masakan dan produk makanan olahan. Selain lezat kacang ini banyak mengandung nutrisi penting bagi tubuh. Oleh karena itu makan kacang almond dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan antara lain sbb.

1. Sumber Energi
Kacang almond yang ditambahkan pada berbagai masakan dan produk makanan dapat membuat makanan tersebut lebih padat energi. Hal ini karena kacang almond mengandung karbohidrat dan protein yang merupakan sumber energi.

2. Menurunkan Kolesetrol LDL
Kacang almond mengandung lemak tak jenuh tunggal (mono-unsaturated fat) dan lemak tak jenuh jamak (poly-unsaturated fat) yang dapat menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat).

3. Mengurangi Resiko Hipertensi
Kacang almond diketahui banyak mengandung potassium (kalium) yang berperan penting dalam mengendalikan tekanan darah, sehingga mengurangi resiko tekanan darah tinggi (hipertensi).

4. Mengurangi Resiko Osteoporosis
Kacang almond banyak mengandung kalsium, magnesium dan fosfor yang menjaga kepadatan tulang sehingga mengurangi resiko osteoporosis (tulang rapuh).

5. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan
Kacang almong mengandung serat (fiber) yang bermanfaat melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

6. Melindungi Tubuh dari kerusakan Radikal Bebas
Almond banyak mengandung  vitamin E yang merupakan antioksidan yang mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

7. Menghaluskan Kulit

Susu almond atau santan almond banyak dipakai dalam produk sabun untuk menghaluskan kulit. Vitamin E yang terdapat dalam biji almond berkhasiat menyehatkan dan menghaluskan kulit.

8. Mengendalikan Berat Badan
Mangan, tembaga dan Riboflavin yang terdapat dalam biji almond berperan penting dalam membantu mengendalikan metabolisma tubuh. Metabolisma yang baik dapat mengurangi penimbunan kalori dalam bentuk lemak tubuh. Makan almond bisa mengurangi resiko kelebihan berat badan.