Manfaat Minum Teh untuk Kesehatan

Share

Manfaat minum teh - VistaBundaDotCom

Sebutan teh merujuk pada jenis teh hitam. Air teh adalah minuman yang terkenal di mana-mana di seluruh dunia. Teh terbuat dari daun tanaman teh (Camellia sinensis). Pucuk daun teh diproses dengan pengeringan dan fermentasi sehingga warnanya lebih gelap dan rasanya lebih nikmat. Teh hitam menguasai sekitar 90% dari seluruh jenis teh di pasaran. Teh mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Beberapa khasiat teh antara lain sbb.

1. Menyehatkan Jantung dan Pembuluh Darah
Teh mengandung flavonoid, antioksidan yang membantu mencegah oksidasi kolesterol LDL (kolesterol jahat) sehingga mencegah kerusakan dinding pembuluh darah dan mengurangi resiko paenyakit jantung. Teh juga mengandung antioksidan polifenol dan mineral mangan yang membantu fungsi otot jantung.

2. Mencegah Kanker
Polifenol adalah antioksidan dalam teh yang membantu mencegah terbentuknya sel kanker, khususnya untuk jenis kanker tertentu yaitu kanker rahim, kanker paru-paru, kanker prostat, kanker kolorektal dan kanker kandung kemih.

3. Menyehatkan Sistem Pencernaan
Teh telah lama digunakan sebagai obat gangguan pencernaan dalam tradisi pengobatan Cina. Teh mengandung tannin yang mengurangi aktivitas usus dan memilki efek anti-diare. Polifenol yang terdapat dalam teh memiliki efek penyembuhan terhadap inflamsi (radang) usus.

4. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Hasil studi menunjukkan substansi dalam teh  yang disebut tannin membantu tubuh melawan virus seperti virus influenza, disentri, dan hepatitis. Teh juga mengandung antigen alkylamine yang membantu meningkatkan respon imunitas tubuh.

5. Suplemen Energi
Teh mengandung kafein dalam jumlah yang tidak berlebihan. Kafein jika tidak dikonsumsi secara tidak berlebihan, dapat merangsang metabolisma, meningkatkan fungsi otak, dan mencegah mengantuk.

6. Menyehatkan Gigi
Teh mengandung fluoride yang bermanfaat memperkuat enamel gigi dan mencegah kerusakan gigi.

7. Membantu Mengurangi Berat Badan
Minum teh dapat membantu meningkatkan laju metabolisma sehingga membantu orang yang ingin menurunkan berat badan dengan diet sehat dan olahraga. Untuk tujuan ini sebaiknya teh diminum tanpa gula atau dengan gula rendah kalori.

8. Membuat Awet Muda
Teh kaya antioksidan yang berperan menangkal radikal bebas sehingga mencegah kerusakan sel tubuh dan memperlambat tanda penuaan. Ekstrak teh telah digunakan pada krim dan lotion anti aging untuk menghaluskan kulit.