Kenali Kadar Trigliserida Darah Anda

Share

Apa itu Trigliserida?
Trigliserida adalah salah satu jenis lipida (lemak) yang terdapat dalam darah. Trigliserida disimpan dalam sel-sel lemak. Jika kita sering makan kalori lebih dari yang bisa dibakar oleh tubuh, khususnya karbohidrat dan lemak, tubuh kita mungkin memiliki kelebihan trigliserida (hipertrigliseridemia).

Berapa Angka Normal Trigliserida Darah?
Tes darah dapat mengukur kadar trigliserida. Biasanya tes kolesterol (kadang disebut panel lipida atau profil lipida) memasukkan trigliserida sebagai komponen yang dianalisa selain kolesterol HDL, kolesterol LDL, dan kolesterol total.
Kategori angka trigliserida darah adalah sebagai berijut.
Normal: kurang dari 150 mg/dL
Di batas tinggi: 150 – 199 mg/dL
Tinggi: 200 – 499 mg/dL
Sangat tinggi: 500 mg/dL

Apa Beda Trigliserida dan Kolesterol?
Trigliserida dan kolesterol adalah jenis lipida berbeda yang terdapat dalam aliran darah. Trigliserida menyimpan kalori yang tidak digunakan dan memberikan energi bagi tubuh, dan kolesterol digunakan untuk membangun sel-sel dan hormon-hormon tertentu. Karena trigliserida dan kolesterol tidak dapat larut dalam darah, keduanya bersirkulasi dalam tubuh dengan bantuan protein yang mengangkut lipida (lipoprotein).

Mengapa Trigliserida Tinggi Harus Diwaspadai?
Trigliserida tinggi dapat berperan dalam pengerasan arteri dan penebalan dinding arteri (aterosklerosis) yang meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke.
Trigliserida tinggi seringkali merupakan tanda kondisi kesehatan lain seperti banyaknya lemak di sekitar pinggang, tekanan darah tinggi, trigliserida tinggi, gula darah tinggi dan kadar abnormal kolesterol.
Kadang-kadang trigliserida tinggi merupakan tanda diabetes tipe 2 yang tidak terawat, hormon tiroid rendah (hipotiroidism), penyakit liver dan penyakit ginjal, atau kondisi genetik yang mempengaruhi bagaimana tubuh kita mengubah lemak menjadi energi. Trigliserida tinggi juga bisa jadi merupakan efek samping penggunaan obat seperti beta blocker, pil kb, diuretik, steroid, dan obat kanker payudara tamoxifen.