Apa Manfaat Latihan Peregangan?

Share

Latihan Peregangan (Stretching) - VistaBundaDotCom

Latihan peregangan (stretching) adalah bentuk latihan meregangkan otot untuk meningkatkan fleksibilitas otot dan meningkatkan jangkauan gerakan anggota tubuh yang melibatkan persendian. Aktivitas peregangan biasanya dilakukan sebagai bagian dari latihan olahraga atau rehabilitasi fungsi anggota tubuh. Ada banyak manfaat latihan peregangan, berikut beberapa diantaranya.

1. Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh
Latihan peregangan sangat bermanfaat untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh. Fleksibilitas tubuh atau kelenturan tubuh adalah membuat gerakan dan jangkauan lebih lebih maksimal. Hal ini dapat mengurangi resiko cedera otot dan persendian saat melakukan aktivitas fisik berat.

2. Melancarkan Sirkulasi Darah
Peregangan membantu melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh sehingga mengurangi gangguan kesehatan karena masalah sirkulasi darah seperti tekanan darah tinggi.

3. Meningkatkan Keseimbangan dan Koordinasi
Melakukan latihan peregangan dapat membantu meningkatkan keseimbangan dan koordinasi sehingga membuat gerakan lebih gesit dan tidak mudah jatuh. Hal ini sangat bermanfaat terutama bagi olahragawan dan pekerja seni gerak.

4. Meningkatkan Kemampuan Fisik
Peregangan merupakan aktivitas yang umum dilakukan oleh olahragawan sebelum berlatih atau bertanding. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan otot agar siap melakukan kontraksi secara maksimal.

5. Meningkatkan Kebugaran Tubuh
Latihan peregangan membantu melatih otot agar lebih kuat sehingga otot tidak mudah capek saat melakukan aktivitas fisik tertentu.

6. Mengurangi Resiko Nyeri Punggung Bagian Bawah
Nyeri punggung bagian bawah dapat disebabkan otot yang kaku di sekitar punggung bagian bawah dan pinggul. Latihan peregangan dapat mengurangi resiko nyeri punggung bagian bawah.

7. Mengurangi Stress
Olahraga ringan seperti peregangan dapat membantu melancarkan sirkulasi darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke otak serta membantu mengendurkan ketegangan syaraf.