6 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Kulit

Share

Tips menjaga kesehatan kulit - VistaBundaDotCom

Menjaga kesehatan kulit tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tetapi juga bermanfaat untuk menjaga penampilan. Oleh karena itu, tidaklah mengherankan jika orang cenderung akan melakukan apa saja untuk mendapatkan kulit yang sehat dan halus. Menjaga dan merawat kulit tidak selalu membutuhkan alat dan bahan perawatan yang mahal. Anda dapat melakukan perawatan kesehatan kulit dengan cara-cara sederhana. Berikut beberapa tips sederhana bagaimana cara merawat kesehatan kulit.

1. Rajin Membersihkan Kulit
Bersihkan kulit secara teratur. Bersihkan segera kulit yang kotor atau terkena keringat. Kotoran yang menempel pada kulit bisa menjadi media yang baik bagi tumbuhnya jamur dan bakteri yang dapat merusak kulit dan bahkan menimbulkan penyakit. Membersihkan kulit juga bermanfaat membersihkan pori-pori kulit dari kelebihan minyak dan membuang sel-sel kulit mati.

2. Hindari Paparan Sinar Matahari yang Berlebihan
Sinar matahari pagi diketahui dapat memberikan manfaat bagi kesehatan terutama untuk memperkuat tulang. Akan tetapi mendapatkan paparan sinar matahari yang berlebihan tidak baik bagi kesehatan kulit karena dapat meyebabkan kulit kering, warna kulit menjadi gelap dan memicu meningkatnya radikal bebas dalam tubuh. Hindari paparan sinar matahari yang berlebihan pada kulit dengan menggunakan krim pelindung kulit, baju lengan panjang, topi, atau berbagai upaya lainnya.

3. Perhatikan Kosmetik yang Anda Gunakan
Tidak semua kosmetik cocok untuk kulit anda. Kosmetik yang tidak cocok dan tidak terjamin kualitasnya justru dapat merusak kulit. Pililah kosmetik yang sesuai dengan kulit anda dan terjamin kualitasnya berdasarkan sertifikasi dari pihak yang berwenang.

4. Konsumsi Makanan yang Sehat secara Seimbang Gizi
Kekurangan nutrisi tertentu dapat menyebabkan berbagai penyakit dan gangguan kesehatan termasuk yang mempengaruhi kulit. Beberapa zat gizi yang diketahui sangat diperlukan dalam menjaga kesehatan kulit antara lain vitamin B, vitamin C, vitamin E, protein, omega-3, serat, dan lain sebagainya.

5. Lindungi Kulit dari Lingkungan yang Tidak Sesuai
Lingkungan yang panas atau kering dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Demikian pula dengan partikel debu dan asap juga dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Lindungi kulit dari lingkungan yang tidak sesuai dengan menggunakan pakaian yang tertutup. Gunakan pakaian kerja dana alat keselamatan kerja seperti sarung tangan, helm,kacamata pelindung, dsb saat berada di lingkungan yang tidak baik bagi kulit anda.

6. Perhatikan Kesehatan Tubuh
Beberapa masalah gangguan kulit bukan disebabkan oleh penyakit kulit tetapi merupakan gejala dari suatu penyakit tertentu. Oleh karena itu setiap orang dianjurkan memeriksakan diri ke dokter jika mengalami gangguan kesehatan.