10 Manfaat Latihan Yoga

Share

Manfaat latihan yoga - VistaBundaDotCom

Dewasa ini banyak orang yang berminat dengan latihan yoga. Latihan yoga memberikan banyak manfaat kesehatan baik secara fisik maupun mental. Melakukan latihan yoga dapat memberikan sejumlah manfaat antara lain sebagai berikut.

1. Meningkatkan Kemampuan Pernapasan (Respirasi)
Latihan pernapasan merupakan salah satu bentuk latihan utama dalam yoga. Latihan mengatur pernapasan dapat meningkatkan fungsi paru-paru.

2. Melancarkan Peredaran Darah
Latihan yoga dapat membantu melancarkan peredaran darah sehingga turut berperan mengendalikan tekanan darah dan mengendalikan detak jantung.

3. Meningkatkan Kelenturan Tubuh
Banyak gerakan dalam latihan yoga yang dapat meningkatkan kelenturan gerakan tubuh karena melatih pergerakan otot dan ligamen (jaringan penghubung otot dan tulang).

4. Meningkatkan Kekuatan Otot dan Tulang
Beberapa jenis latihan yoga menggunakan gerakan otot yang memiliki efek seperti latihan beban sehingga melatih kekuatan otot dan menjaga kepadatan tulang.

5. Mengurangi Stress
Latihan yoga melatih konsentrasi untuk menenangkan pikiran sehingga dapat menghilangkan stress dan kelelahan mental. Latihan pernapasan dalam yoga dapat membantu tubuh untuk relaksasi.

6. Mengurangi Nyeri

Beberapa pasien melaporkan manfaat latihan yoga untuk mengurangi rasa sakit. Latihan yoga dapat mengurangi nyeri karena beberapa sebab seperti nyeri haid, sakit punggung, sakit kepala dan beberapa jenis nyeri sendi.

7. Menyehatkan Jantung
Latihan-latihan otot dan pernapasan dalam yoga bermanfaat mengendalikan detak jantung sehingga meningkatkan kesehatan jantung.

8. Meningkatkan Konsentrasi
Latihan yoga dapat membantu meningkatkan koordinasi dan meningkatkan keterampilan konsentrasi.

9. Mengendalikan Berat Badan
Latihan yoga secara teratur dapat meningkatkan laju metabolisma sehingga membantu pembakaran karbohidrat dan lemak. Hal ini akan membantu mengendalikan berat badan.

10. Memperlambat Penuaan
Latihan yoga dapat membantu proses detoksifikasi dalam tubuh. Detoksifikasi dapat mencegah penuaan sel-sel tubuh.