5 Penyebab Umum Ketombe

Share

Anda pernah mengalami kepala berketombe? Rasanya gatal dan serpihan ketombe dapat membuat kotor kulit kepala, rambut dan bahkan baju. Ketombe dapat disebabkan karena beberapa kondisi. Mengetahui penyebab ketombe dapat membantu anda mengatasinya dengan cepat dan tepat. Berikut beberapa penyebab ketombe.

1. Jarang Mencuci Rambut Menggunakan Shampoo
Shampoo adalah sabun khusus untuk membersihkan dan merawat rambut dan kulit kepala. Rambut dan kulit kepala yang jarang dibersihkan dengan shampoo menyebabkan kelebihan minyak kulit kepala, sel-sel mati dan kotoran lain akan menumpuk membentuk ketombe.

2. Kulit Kepala Kering
Kulit kering sering terjadi pada beberapa bagian permukaan kulit. Jika kulit kering terjadi pada permukaan kulit kepala, maka dapat menimbulkan ketombe. Ketombe karena kulit kepala kering biasanya menghasilkan serpihan ketombe halus dan kering.

3. Penyakit Kulit
Beberapa jenis penyakit kulit yang biasa terdapat pada permukaan kulit tertentu, dapat pula terjadi pada kulit kepala. Penyakit kulit seperti eksim (eczema), seborrheic dermatitis, dan psoriasis jika terjadi pada kulit kepala dapat menimbulkan ketombe yang gatal dan menghasilkan serpihan ketombe.

4. Contact Dermatitis
Contact dermatitis adalah gangguan kesehatan kulit karena penggunaan produk perawatan tubuh. Setiap orang memiliki sensitivitas yang berbeda terhadap bahan-bahan tertentu. Beberapa orang memiliki kulit kepala yang sangat sensitive terhadap bahan tertentu dalam produk perawatan rambut misalnya paraphenylene diamine (PPD) yang dapat menyebabkan ketombe

5. Malassezia
Malassezia merupakan organisma sejenis jamur yang biasa hidup pada kulit kepala orang dewasa. Organisma ini biasanya tidak menimbulkan masalah pada kulit kepala, tetapi jika karena sebab-sebab tertentu populasinya tidak terkendali maka dapat menimbulkan iritasi pada kulit kepala dan menyebabkan sel-sel kulit kepala tumbuh lebih banyak. Sel-sel kulit kepala yang mati dan bergabung dengan minyak kulit kepala menyebabkan ketombe.