7 Manfaat Makan Bawang Bombay

Share

Manfaat bawang bombay

Bawang bombay adalah sayuran yang dikenal dan di konsumsi di berbagai belahan dunia. Sayuran ini biasa ditambahkan pada berbagai jenis masakan baik yang di masak, dibakar, dikukus, atau di panggang. Kadang-kadang bawang bombay ditambahkan pada hidangan secara mentah. Mengkonsumsi bawang bombay dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat bawang bombay.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Bawang bombay mengandung  vitamin C, quercetin, dan mineral mangan yang merupakan antioksidan yang memiliki khasiat menyembuhkan demam dan flu.

2. Mengendalikan Level Glukosa Darah
Bawang bombay mengandung mineral krom dan senyawa alil-propil-disulfida yang diketahui bermanfaat meningkatkan produksi insulin. Hormon insulin berperan membantu sel-sel tubuh menyerap glukosa.

3. Mencegah Kanker
Makan bawang bombay dapat mencegah penyakit kanker. Bawang bombay banyak mengandung senyawa sulfida, yang bermanfaat mencegah pertumbuhan tumor.

4. Membantu Sistem Pencernaan

Bawang bombay mengandung prebiotik yang menjaga pertumbuhan bakteri baik (probiotik) dalam saluran pencernaan sehingga membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan.

5. Mencegah Penggumpalan Darah
Bawang bombay mengandung unsur sulfur (belerang) yang memiliki khasiat mencegah penggumpalan darah.

6. Mengurangi Resiko Alergi
Bawang bombay kaya akan antioksidan quercetin yang dikenal memiliki khasiat anti-radang  dan anti-alergi.

7. Menjaga Kekuatan Tulang

Bawang bombay mengandung mineral tembaga, kalsium, magnesium, dan fosfor. Keempat mineral ini diketahui merupakan nutrisi penting yang menjaga kepadatan tulang sehingga mencegah osteoporosis (tulang keropos).