Manfaat Mendengarkan Cerita bagi Pengembangan Kecerdasan Si Kecil

Share

Mendengarkan cerita atau mendengarkan dongeng adalah salah satu cara yang rileks dan menyenangkan untuk belajar mengenal hal-hal baru bagi di kecil. Mendengarkan cerita juga bermanfaat untuk perkembangan kecerdasan si kecil melalui berbagai proses pembelajaran.

1. Melatih Perekaman
Mendengar cerita membuat anak belajar memahami melalui pendengaran. Anak akan segera mencoba menghubungkan pemahaman tiap kalimat dan untuk itu diperlukan perekaman yang baik. Secara alamiah anak akan belajar mengingat sekalipun tanpa diajari. Mendengarkan cerita adalah cara sederhana yang menyenangkan untuk melatih sistem perekaman otak.

2. Mengembangkan Imajinasi
Berimajinasi adalah salah satu proses normal perkembangan otak anak. Anak senang dan mudah berimajinasi. Berimajinasi membutuhkan kemampuan berfikir dan menghubungkan imajinasi dengan fakta yang diketahui. Seorang anak yang belum pernah melihat gambar naga yang bisa terbang akan membayangkan bagaimana bentuk sayapnya, apakah seperti sayap capung, sayap burung, sayap kelelawar, dsb.

3. Mengasah Kecerdasan Bahasa (Linguistic Intelligence)
Untuk dapat memahami setiap kalimat yang diceritakan, diperlukan pemahaman arti setiap kata. Anak akan segera bertanya mengenai arti kata-kata yang baru ia dengar. Anak-anak juga segera belajar menggunakan bahasa baku yang mungkin jarang digunakan dalam percakapan sehari-hari. Hal ini sangat berguna untuk mengasah kecerdasan berbahasa (linguistic intelligence) si anak.