Bagaimana Cara yang Aman Menggunakan ATM?

Share

Tips aman menggunakan ATM - VistaBunda.Com

Anjungan Tunai Mandiri atau ATM adalah fasilitas perbankan yang sangat membantu memudahkan transaksi keuangan. Dengan ATM orang dapat melakukan berbagai transaksi keuangan seperti menarik tabungan, menyetor tabungan, mengecek saldo, melakukan pembayaran, melakukan transfer uang, dan lain sebagainya secara mandiri. ATM memungkinkan transaksi keuangan dilakukan tanpa mengenal batas ruang dan waktu, pokoknya orang dapat bertransaksi kapan saja dan di mana saja ia menjumpai ATM. Dengan semakin banyaknya orang yang melakukan transaksi keuangan dengan ATM, maka semakin beragam pula modus kejahatan terhadap pengguna ATM seperti penipuan, pencurian, dan perampokan. Selain itu transaksi keuangan secara mandiri juga memungkinkan terjadinya kesalahan atau kegagalan transaksi yang dapat merugikan pengguna. Untuk menghindari resiko kejahatan tersebut, anda sebaiknya mengetahui cara-cara melakukan transaksi keuangan dengan menggunakan ATM secara aman. Bagaimana cara aman melakukan transaksi keuangan menggunakan ATM? Berikut beberapa tips cara bertransaksi menggunakan ATM dengan aman.

  1. Jaga kartu ATM dari kerusakan karena patah, bengkok, atau tergores yang dapat menyebabkan kartu ATM tidak dapat digunakan.
  2. Hapalkan PIN (personal identification number) kartu ATM anda, jangan menuliskannya secara langsung di handphone, laptop, atau di buku catatan pribadi anda.
  3. Jangan pernah memberikan PIN kartu ATM anda atau mengijinkan orang lain menggunakan kartu ATM anda.
  4. Saat membuat atau mengubah PIN, jangan menggunakan nomor yang mudah ditebak seperti tanggal lahir, nomor telepon, nomor induk pegawai, nomor kendaraan, dsb.
  5. Simpan nomor layanan pelanggan atau kantor penerbit kartu ATM, agar anda dapat segera memblokir kartu ATM jika kartu ATM anda hilang atau bermasalah.
  6. Gunakan ATM yang memiliki lokasi yang terang, ramai, atau dimana terdapat satpam.
  7. Jangan menggunakan ATM jika mesin ATM terlihat rusak, atau terdapat keganjilan, misalnya terdapat tempelan alat tertentu di tempat penyisipan kartu.
  8. Saat memasukkan PIN jangan sampai ada orang lain yang melihat, bila perlu tutup dengan jari-jari yang menekan tombol angka dengan tangan. Untuk kamar ATM mesin tunggal, jangan biarkan orang lain masuk ke dalam kamar ATM saat anda melakukan transaksi.
  9. Jangan meletakkan dompet, handphone, atau benda berharga lainnya di atas mesin ATM, anda sangat mungkin lupa membawanya terutama saat terburu-buru.
  10. Sedapat mungkin hindari melakukan transaksi sambil menelepon atau mengetikkan SMS karena dapat mengganggu konsentrasi dan menyebabkan kesalahan transaksi.
  11. Jangan menggunakan topi, helm, kacamata hitam, atau masker saat menggunakan ATM. Biarkan CCTV merekam wajah anda, hal ini membantu pelacakan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.
  12. Ganti PIN kartu ATM anda secara berkala misalnya setiap empat tiga atau empat bulan sekali.