7 Tips Mengatur Keuangan Keluarga

Share

Sebagian orang selalu merasa kekurangan dengan uang yang dimiliki meskipun mempunyai penghasilan yang memadai. Sebagian lagi meskipun memiliki penghasilan pas-pasan tetapi tidak pernah memiliki hutang. Mengelola keuangan pribadi memang tidak mudah, apalagi mengelola keuangan keluarga. Setiap anggota keluarga pada dasarnya memiliki bagian hak atas keuangan keluarga. Jika tidak cakap, maka mengelola keuangan keluarga bisa membuat stress yang tak kunjung selesai. Bagaimana cara mengelola keuangan keluarga yang baik? Berikut beberapa kiat mengelola keuangan keluarga yang dapat anda coba.

1. Buat Anggaran Belanja

Berdasarkan pemasukan dari penghasilan, buatlah anggaran belanja bulanan. Hal ini akan membantu anda untuk berhemat dan menghitung seberapa yang dapat anda sisihkan untuk menabung.

2. Tabung
Menabung adalah bagian esensial dari pengelolaan keuangan secara umum. Menabung akan membantu anda mempersiapkan masa depan anda, merencanakan pembelian barang berharga, dan mempersiapkan diri terhadap kondisi tak terduga seperti kecelakaan, sakit, dan lain sebagainya.

3. Usahakan Cukup
Cukupi kebutuhan dengan uang yang tersedia. Utamakan kebutuhan primer baru kemudian memikirkan kebutuhan sekunder dan tersier. Misalnya, keinginan untuk berwisata ke luar kota tidak boleh menggunakan anggaran untuk cicilan rumah dan berharap bulan depan anda akan berhemat lebih banyak.

4. Menambah Penghasilan
Jika anda merasa penghasilan anda pas-pasan, tidak ada salahnya mencoba untuk mencari penghasilan tambahan dengan memanfaatkan keterampilan dan waktu luang anda.

5. Batasi Cicilan Kredit
Kredit sebaiknya diambil untuk keperluan jangka panjang seperti membeli rumah atau membuka usaha. Kredit uang atau kredit barang semestinya telah direncanakan dengan matang mengenai jangka waktu pengembalian dan besarnya cicilan. Sebaiknya cicilan kredit jangan lebih dari 30% penghasilan bulanan. Jangan menghabiskan seluruh sisa gaji yang bisa ditabung untuk membayar cicilan kredit.

6. Berinvestasi
Investasi adalah salah satu cara mengelola keuangan dengan menanamkan modal dengan harapan uang anda akan berkembang. Investasi dapat dilakukan dalam bentuk deposito, saham, properti, dan lain sebagainya.

7. Ikut Asuransi
Ikut asuransi adalah cara lain untuk merencanakan keuangan jangka panjang. Pertimbangkan untuk ikut asuransi pendidikan, asuransi kesehatan, asuransi properti, dan lain sebagainya sebagai opsi pengelolaan keuangan.