Membuat Playdough (Plastisin Mainan) yang Aman buat Si Kecil

Share

Membuat plastisin mainan - VistaBundaDotCom

Playdough (play-doh) adalah nama mainan yang sekarang populer untuk plastisin mainan. Playdough disukai oleh balita maupun anak-anak berbagai usia. Bermain playdough memberikan banyak manfaat bagi si kecil terutama untuk melatih keterampilan motorik halus dan menyalurkan kreativitas untuk membuat kreasi tiga dimensi. Berikut cara membuat playdough sendiri di rumah:

Bahan
Perbadingan bahan-bahan untuk membuat playdough adalah sbb:

  • 2 gelas terigu
  • 1 gelas garam dapur halus
  • 1 gelas air
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • Beberapa pewarna makanan

Cara Membuat Playdough

  1. Campurkan terigu dan garam dapur dalam sebuah baskom yang cukup besar, Aduk dengan tangan atau menggunakan centong kayu/plastik sampai tercampur rata.
  2. Beri air pada campuran bahan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai menjadi adonan yang lembut dengan tekstur halus dan tidak lengket.
  3. Beri minyak goreng, lalu adonan diolah lagi sehingga didapatkan adonan yang benar-benar lembut.
  4. Bagi adonan menjadi enam bagian (atau sesuai jumlah warna yang anda inginkan).
  5. Ambil satu bagian diberi beberapa tetes pewarna lalu diaduk lagi sampai warna merata. Lakukan hal yang sama terhadap lima bagian lainnya dengan warna yang berbeda.
  6. Bila semua adonan dengan warna yang berbeda telah selesai dibut. Playdough anda siap digunakan untuk membuat berbagai kreasi. Simpanlah playdough anda dalam container yang kedap udara di tempat yang sejuk supaya tidak kering.