Manfaat Membacakan Cerita Sebelum Tidur bagi Si Kecil

Share

Membacakan cerita atau membacakan dongeng sebelum tidur untuk si kecil sudah jarang dilakukan oleh orangtua. Padahal kegiatan ini mempunyai banyak manfaat bagi si kecil. Berikut beberapa manfaat membacakan cerita untuk si kecil sebelum tidur.

1. Membantu Perkembangan Otak dan Meningkatkan Kecerdasan
Mendegar cerita membuat si kecil melatih perekaman, mengembangkan
imajinasi, dan mengenal kosa kata baru.

2. Mendidik Tanpa Menggurui Secara Langsung
Cerita anak yang baik mengandung nilai-nilai pendidikan. Cerita bisa memberikan keteladanan yang baik bagi si kecil, yang mungkin belum pernah dialami atau disaksikannya. Misalnya kisah anak yang suka berbohong tidak dipercaya oleh teman-temannya.

3. Kesempatan untuk Berkomunikasi Empat Mata
Anda bisa memberikan pesan atau nasehat sebelum membacakan cerita. Sebaliknya anda memiliki kesempatan mendengarkan keinginan atau keluhan si kecil setiap hari. Komunikasi yang intens akan mempererat hubungan ibu dan anak.

4. Membiasakan Pola Tidur Sehat
Mendengarkan cerita sebelum tidur adalah aktivitas positif yang membuat anak rileks yang merupakan salah satu aspek pola tidur sehat. Anak akan terhindar dari aktivitas sebelum tidur yang merupakan kebiasaan atau pola tidur tidak sehat seperti menonton tv, main games, makan cemilan, dsb. Anda juga bisa mengontrol kebiasaan-kebiasaan positif seperti menyikat gigi, mencuci kaki, dan buang air kecil sebelum tidur yang dapat membuat tidur si kecil lebih nyaman.

5. Menghilangkan Stress
Karena suatu masalah anak bisa menjadi tertekan, misalnya karena mainannya rusak menyebabkan ia selalu menyesali dan memikirkan hal tersebut. Mendengarkan cerita sebelum tidur bisa mengalihkan perhatian dan pikirannya dari tekanan yang membebani pikirannya tersebut. Keesokan harinya mungkin ia sudah melupakan masalah tersebut.

6. Mengenalkan Buku Sejak Usia Dini
Meskipun mungkin si kecil belum bisa membaca, saat dibacakan cerita dari buku ia akan menemukan bahwa banyak hal-hal menarik di dalam buku melalui tulisan dan gambar. Hal ini mendorong anak mengenal dan mencintai buku sejak dini.