6 Manfaat Bermain Peran bagi si Kecil

Share

Manfaat bermain peran - VistaBundaDotCom

Salah satu bentuk permainan yang sangat disukai anak-anak adalah bermain peran. Anak-anak suka menirukan peran orang dewasa berdasarkan kehidupan sehari-hari atau cerita tertentu. Bermain peran dapat memberikan beberapa manfaat bagi perkembangan anak. Berikut beberapa manfaat bermain peran bagi anak-anak.

1. Mengembangkan Imajinasi
Berimajinasi sangat bermanfaat bagi perkembangan otak anak. Bermain peran dapat meningkatkan kemampuan anak berimajinasi saat memerankan karakter tertentu seperti polisi, petani, tukang pos, dsb.

2. Meningkatkan Kreativitas
Anak akan mengeksplorasi kemampuannya untuk sebaik mungkin memerankan karakter yang dibawakannya dengan mengubah suara, meniru gaya, menggunakan alat, dan membuat sendiri keperluan yang akan digunakan.

3. Meningkatkan Keterampilan Bersosialisasi
Bermain peran biasanya dilakukan secara kolektif sehingga meningkatkan keterampilan anakĀ  dalam bersosialisasi dan mengenal karakter teman.

4. Meningkatkan Keterampilan Motorik
Bermain peran dapat membantu meningkatkan keterampilan motorik kasar dan keterampilan motorik halus. Keterampilan motorik kasar adalah keterampilan menggunakan lengan dan kaki, sedangkan keterampilan motorik halus adalah keterampilan menggunakan jari-jari tangan.

5. Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Setiap anak tidak akan meniru karakter yang dibawakan oleh teman lain. Hal ini akan meningkatkan rasa percaya diri anak untuk berbeda dan dengan teman-temannya.

6. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa
Bermain peran bermanfaat meningkatkan kemampuan berbahasa. Saat memerankan suatu tokoh anak akan berusaha menggunakan bahasa formal yang digunakan oleh tokoh tersebut.