7 Tips Memotivasi Anak untuk Belajar

Share

Motivasi anak belajar - VistaBundaDotCom

Orangtua berperan dominan dalam membantu prestasi akademik anak. Banyak hal yang dapat dilakukan oleh orangtua untuk memotivasi anak untuk belajar lebih giat. Berikut beberapa saran yang dapat anda ikuti untuk mendorong anak untuk belajar lebih giat.

1. Sediakan Lingkungan Belajar yang Kondusif
Ciptaklan lingkungan belajar yang kondusif berupa ruang yang nyaman, tenang dan memiliki penerangan yang baik. Hindari suasana yang dapat mengganggu kegiatan anak dalam belajar seperti suasana ramai atau berisik.

2. Buat Jadwal Belajar Berdasarkan Kesepakatan dengan Anak
Buat kesepakatan dengan anak mengenai waktu belajar, bermain, menonton TV, dsb. Hal ini akan membantu anak menyediakan waktu khusus untuk belajar tanpa mengorbankan aktivitas yang ia sukai.

3. Berikan Bimbingan
Sediakan waktu untuk membantu anak saat mengerjakan PR atau saat ia mengalami kesulitan memahami suatu topik.

4. Jelaskan Manfaat Ilmu Pengetahuan
Kadang-kadang anak tidak tertarik belajar mata pelajaran tertentu. Jelaskan mengenai manfaat menguasai bidang pelajaran tersebut dalam berbagai bidang.

5. Berikan Bacaan yang Bermutu
Berikan buku, majalah, atau tabloid yang dapat memberikan tambahan ilmu pengetahuan selain pelajaran formal di sekolah.

6. Berikan Penghargaan
Berikan penghargaan dan pujian atas upaya anak belajar lebih giat. Berikan hadiah yang bermanfaat yang disukai anak, jika ia dapat memperbaiki nilai raportnya.

7. Sesuaikan Harapan dengan Kemampuan Anak
Proses membimbing dan memotivasi anak adalah proses jangka panjang. Perbaikan secara bertahap akan memudahkan anak dalam memperbaiki kebiasaan belajar menjadi lebih baik. Jangan memberikan target terlalu tinggi yang dapat membuat anak tertekan dan malas untuk belajar.