Apa Penyebab Orang Tidak Bisa Menabung?

Share

Tidak bisa menabung - VistaBundaDotCom

Menabung adalah salah satu strategi utama dalam pengelolaan keuangan. Meskipun semua orang menyadari manfaat menabung, namun tidak semua orang dapat menabung karena berbagai sebab. Berikut beberapa sebab mengapa orang tidak bisa menabung.

1. Tidak Memiliki Sisa Uang
Seseorang tidak dapat menabung jika ia tidak memiliki kelebihan uang. Untuk dapat menabung orang harus menyisihkan sebagian pendapatannya untuk ditabung.

2. Tidak Membuat Rencana Anggaran
Jika seseorang tidak memiliki rencana anggaran, ia tidak bisa menghitung seberapa yang bisa ia sisihkan untuk ditabung dan cenderung menghabiskan seluruh pendapatannya.

3. Tidak Mempunyai Motivasi
Menabung memerlukan pengorbanan yang cukup berat karena banyaknya godaan dan keinginan untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Untuk dapat menabung, orang butuh motivasi yang kuat.

4. Banyak Hutang
Banyak hutang dapat menyebabkan orang tidak bisa menabung karena selisih pendapatan dan belanja sudah dialokasikan untuk membayar cicilan hutang.

5. Tidak Mempunyai Prioritas Belanja
Menabung membutuhkan perencanaan anggaran yang bijaksana. Orang yang tidak memiliki prioritas belanja menganggap bahwa semua kebutuhannya adalah penting dan harus dipenuhi. Akibatnya ia selalu memaksimalkan pengeluaran sehingga sulit untuk menyisihkan uang untuk ditabung.