10 Tips Merangsang Kreativitas Anak

Share

Tips Merangsang kreativitas anak

Bakat sang anak seringkali ditunjukkan dari kreativitasnya. Orangtua dapat turut berperan merangsang kreativitas si kecil dengan menciptakan lingkungan yang kondusif bagi anak untuk mengembangkan kreativitasnya. Bagaimana cara merangsang kreativitas anak? Berikut beberapa tips membangkitkan kreativitas anak.

1. Banyak Berkomunikasi
Banyak berkomunikasi sangat bermanfaat bagi si kecil, salah satunya adalah membangun rasa percaya diri anak untuk mengungkapkan ide-idenya. Ide ini kadang diperoleh dari informasi yang diperoleh dari berbagai sumber, tetapi dapat pula murni dari imajinasi dan kreativitas anak.

2. Berikan Bacaan
Membaca dapat memberikan banyak manfaat bagi anak, salah satunya adalah mengembangkan imajinasi. Imajinasi inilah yang seringkali dituangkan anak secara spontan dalam bentuk ide-ide kreatif.

3. Buka Wawasan Anak
Apa yang dilihat dan didengar si kecil seringkali sangat membekas di dalam hatinya, terutama jika berhubungan dengan minatnya. Perluas wawasan si anak dengan memberikan buku bacaan, mengajak ke pameran, mengunjungi bazaar, menonton sirkus, berwisata agro, dsb.

4. Berikan Mainan Kesukaan Anak
Mainanan dapat menjadi instrumen yang membantu anak menuangkan kreativitasnya. Jika anak meminta suatu jenis mainan, ia memiliki ketertarikan untuk menggunakan mainan tersebut berdasarkan imajinasinya. Jika ia meminta boneka, ia sudah membayangkan bagaimana caranya mengasuh boneka tersebut. Biarkan ia memilih sendiri mainan yang ia suka.

5. Biarkan Anak Bergaul
Bergaul memiliki banyak manfaat bagi pengembangan kepribadian anak, salah satunya adalah meningkatkan kreativitas anak. Seringkali ide dan kreativitas anak terinspirasi dari teman-temannya.

6. Biarkan Anak Mencoba
Biarkan anak mencoba sendiri apa yang layak dikerjakannya seperti melepas sepatu, memakai baju, mengerjakan PR, dsb. Biarkan anak membantu pekerjaan ringan di rumah seperti merapikan tempat tidur, membuka jendela, menyiram tanaman, memberi makan ikan, dsb. Saat melakukan aktivitas yang belum sepenuhnya dikuasai, anak akan segera menemukan tantangan yang membutuhkan kreativitas untuk mengatasinya.

7. Berikan Apresiasi atas Kreativitas Anak
Berilah pujian atas hasil kreasi anak untuk menambah semangat dan meningkatkan percaya diri anak. Sebaliknya, menyalahkan atau memarahi anak atas kekurangannya dalam berkreasi, akan menjatuhkan mental dan rasa percaya diri anak.

8. Fasilitasi
Jika anak anda menunjukkan minat pada sesuatu yang bisa membangkitkan kreativitasnya, bantulah dengan dukungan moril dan materil. Jika anak anda suka fotografi, berilah ia kamera, ajak menonton pameran foto, perkenalkan dengan klub fotografi, carilah website dan buku mengenai fotografi, dsb.

9. Libatkan Diri dalam Aktivitas Anak
Anak akan senang jika ia bisa melakukan apa yang ia suka. Jika anda terlibat langsung dengan aktivitasnya, anak akan tambah semangat, lebih percaya diri, dan tidak ragu untuk bertanya atau meminta pendapat.

10. Biarkan Anak Memiliki Idealisme
Terkadang kita sulit memahami idealisme anak, hanya karena kita ingin mengikuti idealisme kita. Jangan membandingkan anak dengan si A, si B, atau si C. Anak akan bahagia dan memiliki energi lebih jika melakukan apa yang disukainya.