7 Manfaat Makan Bawang Putih bagi Kesehatan

Share

Manfaat makan bawang putih - VistaBundaDotCom

Bawang putih (bahasa latinnya: Allium Sativum) adalah bahan makanan yang sering digunakan sebagai bumbu masak. Selain memberi rasa sedap dan aroma pada makanan, bawang putih juga memberikan banyak khasiat untuk kesehatan. Bawang putih bahkan dianggap sebagai salah satu makanan yang menyehatkan. Berikut beberapa khasiat bawang putih bagi kesehatan.

1. Antibiotik Alami
Bawang putih mengandung komponen yang disebut allicin, suatu senyawa sulfur yang akan keluar sebagai cairan jika bawang putih dipotong. Senyawa ini dapat menghambat petumbuhan bakteri dan jamur.

2. Memperkuat Kekebalan Tubuh
Bawang putih dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dengan menstimulasi sel-sel darah putih. Hal ini akan meningkatkan fungsi antibody. Allicin merupakan komponen dalam bawang putih yang berperan dalam memperkuat kekebalan tubuh. Bawang putih juga mengandung antioksidan yang melawan radikal bebas dalam tubuh.

3. Membantu Merawat Penderita Diabetes
Bawang putih membantu mengatur kadar glukosa darah dengan meningkatkan pelepasan insulin pada penderita diabetes.

4. Antioksidan
Allicin membantu meningkatkan enzim antioksidan atalase dan glutathione peroxidase dalam darah, yang dapat membantu tubuh melawan kerusakan radikal bebas dan memperlambat proses penuaan hati dengan menghambat poroksidasi lemak.

5. Menghilangkan Jerawat
Bawang putih dikenal dapat membantu menghilangkan jerawat. Hal ini karena bawang putih membantu membersihkan darah dan mengandung antioksidan.

6. Mengencerkan Darah
Bahan kimia yang terdapat dalam bawang putih yang disebut ajoene membantu mengencerkan darah dan mencegah pembekuan darah. Bawang putih telah lama digunakan dalam pengobatan Cina untuk menyembuhkan masalah peredaran darah.

7. Mengurangi  Resiko Kanker
Senyawa belerang (sulfur) yang terdapat bawang putih dapat mencegah pertubuhan berbagai jenis kanker. Mengkonsumsi bawang putih secara teratur mengurangi resiko kanker  esophagus, kanker perut dan kanker kolon.