Manfaat Ketawa untuk Kesehatan

Share

Manfaat tertawa - VistaBundaDotCom

Tertawa itu sehat. Banyak orang yang percaya akan hal tersebut. Sejumlah studi dilakukan untuk mempelajari efek tertawa bagi kesehatan. Tertawa dapat membuat orang bahagia sehingga membantu menghilangkan stress, rasa gundah hati, dan ketidaknyamanan psikologis lainnya. Tertawa juga dapat membuat seseorang lebih sehat karena tertawa melibatkan fungsi otot, organ, dan hormon tertentu di dalam tubuh. Apa manfaat ketawa bagi kesehatan? Berikut beberapa manfaat tertawa bagi kesehatan.

Mengurangi Stress
Ketawa bermanfaat mengurangi stress. Tertawa membuat orang bahagia sehingga dapat mengurangi beban psikologis yang dialaminya. Tertawa diketahui dapat mengurangi produksi hormon cortisol dan adrenalin yang dikenal sebagai hormon stress. Orang yang stress dianjurkan mencari hiburan yang positif dan membuat bahagia, salah satunya adalah dengan menikmati hiburan yang lucu.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Sering tertawa baik bagi imunitas tubuh. Stress dan pikiran negatif dapat menurunkan imunitas tubuh sehingga membuat tubuh lebih rentan terhadap penyakit. Pikiran yang rileks dan positif cenderung memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Membantu Stimulasi Organ dan Otot
Saat kita tertawa, beberapa organ dan otot tubuh kita turut terstimulasi. Organ-organ yang terstimulasi saat tertawa antara lain jantung, paru-paru, dan diafragma. Otot-otot yang terstimulasi saat kita tertawa adalah otot muka dan otot perut. Stimulasi ini dapat menjadi latihan fisik yang baik bagi organ dan otot tersebut untuk menjaga fungsi fisiologisnya.

Membuat Bahagia
Tertawa adalah respon alamiah tubuh kita terhadap sesuatu yang menyenangkan sehingga sering tertawa dapat membuat orang lebih bahagia. Tertawa dapat meningkatkan pelepasan hormon endorphin, salah satu hormon yang membuat seseorang merasa bahagia. Rasa bahagia menjauhkan seseorang dari stress yang dapat mendorong seseorang merokok, minum alkohol, menggunakan narkoba, dsb.

Membantu Fungsi Otak
Tertawa juga bermanfaat bagi kesehatan otak. Tertawa dapat menstimulasi otak kiri dan otak kanan secara bersamaan. Stimulasi otak dapat menjaga fungsi otak tetap optimal sehingga meningkatkan kemampuan otak dalam berkonsentrasi dan mengingat.

Memperbaiki Mood
Mood yang baik meningkatkan kekuatan mental dalam berkonsentrasi, mengendalikan perasaan, dan mengatasi tekanan kejiwaan. Tertawa dapat memperbaiki mood yang buruk karena tertawa dapat membuat orang merasa rileks dan nyaman.