Manfaat Vitamin D bagi Kesehatan

Share

Manfaat vitamin DVitamin D merupakan salah satu vitamin penting yang diperlukan oleh tubuh kita. Defisiensi vitamin D dapat meningkatkan resiko osteoporosis, nyeri otot, dan nyeri tulang. Sumber utama vitamin D adalah sinar matahari, yang membantu pembentukan vitamin D di kulit. Mendapatkan sinar matahari selama 10 menit setiap hari cukup untuk mencegah defisiensi vitamin D. Vitamin D juga terdapat dalam banyak bahan makanan hewani seperti ikan salmon, ikan tuna, ikan mackerel, udang, telur, hati sapi, susu diperkaya, dan keju. Mengapa vitamin D sangat penting bagi kesehatan? Berikut beberapa manfaat vitamin D.

Membantu Penyerapan Mineral Kalsium dan Fosfor
Vitamin D mengendalikan kadar mineral kalsium dan fosfor dalam tubuh. Vitamin D membantu tubuh menyerap kedua mineral ini yang sangat bermanfaat bagi jaringan tubuh kita khususnya untuk menjaga kesehatan tulang.

Menjaga Kesehatan Tulang
Selain membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfor yang diperlukan untuk pembentukan tulang, vitamin D juga membantu pemanfaatan kalsium dalam struktur tulang. Sel-sel osteoblast dan osteoclast yang membentuk dan mengendalikan tulang diatur oleh kelenjar paratiroid. Fungsi kelenjar paratiroid dipengaruhi kecukupan vitamin D. Kekurangan vitamin D meningkatkan resiko tulang keropos (osteoporosis).

Menjaga Fungsi Kelenjar Paratiroid
Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan gangguan fungsi kelenjar paratiroid yang disebut hiperparatiroidisme sekunder. Perawatan awal terhadap kondisi ini adalah dengan pemberian vitamin D.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Vitamin D juga bermanfaat bagi sistem imunitas tubuh. Banyak dari sel-sel yang berperan melawan penyakit mempunyai reseptor vitamin D.

Menjaga Kesehatan dan Fungsi Otot
Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan otot lemah dan otot nyeri. Studi terhadap pasien nyeri otot yang mengalami defisiensi vitamin D, menunjukkan bahwa pemberian suplemen vitamin D dapat mengurangi nyeri otot pada sebagian pasien.