10 Jenis Buah yang Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Share

Buah yang menurunkan tekanan darah - VistaBundaDotCom

Tekanan darah tinggi (hipertensi) dapat menyebabkan komplikasi serius terutama penyakit jantung dan stroke. Orang yang memiliki tekanan darah di atas normal harus berusaha menurunkan tekanan darahnya dengan berbagai cara menurut rekomendasi dokter. Salah satu faktor kunci perawatan tekanan darah tinggi dalah pengaturan menu makanan. Beberapa jenis buah-buahan diketahui dapat membantu menurunkan tekanan darah. Berikut beberapa jenis buah yang dapat menurunkan tekanan darah.

1. Pisang
Pisang yang biasa kita makan sebagai pencuci mulut setelah makan merupakan buah yang dapat menurunkan tekanan darah karena mengandung potassium yang merupakan nutrien penting pengatur tekanan darah.

2. Strawberry
Strawberry mengandung senyawa alami yang disebut anthocyanin yang membantu mencegah tekanan darah tinggi.

3. Kiwi
Buah kiwi yang bentuk luarnya mirip buah sawo ini juga salah satu buah yang direkomendasikan untuk mnurunkan tekanan darah. Selain kaya potassium, kiwi juga mengandung vitamin C dan antioksidan yang disebut lutein yang juga berperan mengendalikan tekanan darah.

4. Jeruk
Jeruk terkenal sebagai penyedia vitamin C. Jeruk juga kaya akan potassium dan pectin buah yang mengatur tekanan darah dan melancarkan sirkulasi darah.

5. Tomat
Tomat kaya akan antioksidan lycopene yang diketahui dapat melancarkan sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah.

6.Anggur
Anggur menyediakan vitamin C, pectin, asam folat, dan lycopene, yang semuanya menyehatkan pembuluh darah dan membantu membuang kolesterol LDL (kolesterol jahat) dari pembuluh arteri.

7. Aprikot
Buah aprikot kaya serat pangan dan potassium yang sangat berguna bagi tubuh antara lain membantu mengendalikan tekanan darah.

8. Melon Kantalop
Kantalop kaya potassium dan beta karoten yang membantu menyehatkan sistem sirkulasi darah.

9. Alpukat
Alpukat mengandung potassium yang membantu mengendalikan tekanan darah. Alpukat juga  mengandung asam oleat dan beta-sitosterol yang dikenal berperan menurunkan kadar kolesterol darah.

10. Apel
Selain mengandung potassium yang membantu mengontrol tekanan darah, apel juga mengandung pectin, suatu serat alami yang membantu mengikat kolesterol dan toksin dalam darah.