8 Manfaat Jogging untuk Kesehatan

Share

Manfaat jogging - VistaBundaDotCom

Salah satu faktor resiko penyakit yang paling umum adalah kurangnya olahraga. Padahal olahraga tidak selalu membutuhkan peralatan mahal atau teknik-teknik khusus contohnya jogging. Jogging dapat dilakukan semua orang dan sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut delapan manfaat olahraga jogging.

1. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung dan Stroke
Jogging secara teratur dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke karena dapat melancarkan aliran darah, mengurangi kolesterol total, dan meningkatkan laju metabolisma.

2. Meningkatkan Stamina
Jogging secara rutin dapat membantu meningkatkan stamina karena latihan jogging membantu meningkatkan kekuatan fisik otot dan memperbaiki kapasitas paru-paru menampung oksigen.

3. Mengurangi Resiko Osteoporosis
Pola hidup sedentary (tidak aktif bergerak) meningkatkan resiko osteoporosis (tulang keropos). Berolahraga jogging membantu mengurangi resiko osteoporosis karena jogging dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi pelepasan mineral tulang.

4. Meningkatkan Mood
Rutin melakukan jogging dapat membantu meningkatkan mood melalui pelepasan hormon endorphin yang berperan dalam menimbulkan rasa bahagia. Jogging juga membantu menyegarkan otak karena aliran darah ke otak lebih lancar dan lebih kaya oksigen.

5. Mengendalikan Berat Badan
Jogging merupakan cara sederhana dan aman untuk membantu mengendalikan berat badan. Jogging juga dapat membantu menurunkan berat badan bagi orang yang kelebihan berat badan atau obesitas. Program diet untuk menurunkan berat badan akan efektif jika disertai olahraga.

6. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Jogging dapat membantu meningkatkan fungsi homon-hormon di dalam tubuh, termasuk yang berperan melawan penyakit. Jogging membantu meningkatkan kebugaran fisik dan mengurangi resiko penyakit seperti batuk dan influenza.

7. Meningkatkan Kualitas Tidur
Jogging dapat membantu tubuh melaksanakan relaksasi otot dan syaraf saat tidur, sehingga membantu tidur lebih nyenyak.

8. Meningkatkan Kesehatan Sistem pernapasan
Jogging secara teratur dapat meningkatkan kapasitas paru-paru dalam menampung oksigen. Jogging secara rutin juga juga mengurangi resiko penyakit saluran pernapasan terutama batuk dan pilek.