8 Jenis Sayuran yang Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Share

Sayuran yang membantu menurunkan tekanan darah - VistaBundaDotCom

Orang yang mengalami hipertensi (tekanan darah tinggi) atau tekanan darah di atas normal harus mengendalikan tekanan darahnya melalui berbagai cara. Salah satunya adalah melalui pengaturan menu makanan. Beberapa jenis sayuran diketahui memiliki nutrisi yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Berikut beberapa sayuran yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

1. Bayam
Sayur bayam kaya serat dan mengandung nutrisi yang menyehatkan jantung seperti potassium (kalium), magnesium dan folat yang merupakan zat gizi yang membantu menurunkan tekanan darah dan mempertahankan tekanan darah pada level normal.

2. Kentang
Kentang kaya potassium dan magnesium, dua mineral yang berperan penting dalam mempertahankan tekanan darah normal.

3. Kedelai
Kedelai adalah salah satu kacang yang kaya gizi. Kedelai juga dapat membantu menurunkan tekanan darah karena mengandung potassium dan kalsium.

4. Jagung
Jagung merupakan bahan makanan dan sayuran yang mengandung banyak folat dan vitamin B yang diketahui berperan dalam menjaga kesehatan pembuluh arteri.

5. Seledri
Sayur seledri  termasuk sayuran yang baik untuk kesehatan jantung dan sirkulasi darah. Seledri mengandung potassium, kalsium dan magnesium yang bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah.  Seledri juga mengandung zat yang disebut phthalide yang menjaga kesehatan otot pembuluh darah.

6. Brokoli
Brokoli selain mengandung mineral potassium yang menjaga tekanan darah normal, juga mengandung mineral kromium turut berperan dalam mengendalikan glukosa darah.

7. Tomat
Tomat mengandung antioksidan lycopene yang diketahui dapat membantu menurunkan tekanan darah. Tomat juga kaya akan potassium, kalsium, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang sangat bermanfaat untuk sirkulasi darah dan proses metabolisma.

8. Sayuran Kacang-Kacangan
Sayuran kacang-kacangan (kacang panjang, kacang buncis, kacang merah, kacang polong, dsb) umumnya mengandung potassium dan kalsium yang bermanfaat untuk menjaga tekanan darah normal. Kacang juga banyak mengandung serat yang melancarkan metabolisma.