10 Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri

Share

Meningkatkan rasa percaya diri - VistaBundaDotCom

Kurangnya rasa percaya diri dapat membuat seseorang minder, menutup diri, dan sulit mengembangkan kepribadian. Dalam beberapa kasus kurangnya rasa pecaya diri dapat menghambat karir seseorang karena bersikap pasif. Bagaimana cara meningkatkan kepercayaan diri? Jika anda ingin meningkatkan rasa percaya diri, berikut beberapa tips meningkatkan rasa percaya diri yang mungkin dapat membantu anda.

1. Perbaiki Penampilan Anda
Pada umumnya khalayak umum menilai anda dari penampilan sebelum melihat kemampuan anda sebenarnya. Berpakaian rapi dan berdandan dapat meningkatkan respek orang terhadap anda yang membuat anda nyaman berada di tengah orang banyak.

2. Hormati Orang Lain
Jika anda menghormati orang lain, maka ia juga akan menghormati anda. Pandanglah orang lain secara bersahabat. Perlakukan orang lain secara adil tanpa pilih kasih.

3. Perluas Pergaulan
Orang yang tertutup cenderung kurang percaya diri. Hal ini karena keterbatasan wawasannya dalam menilai dan memahami orang lain. Ia tidak memahami bahwa seorang berkedudukan tinggi seperti jendral atau gubernur sekalipun bisa diajak berbagi cerita, termasuk mengenai hal-hal sederhana.

4. Identifikasi dan Perbaiki Kelemahan Anda
Kenali apa kelemahan anda yang mengurangi rasa percaya diri. Jika anda merasa tidak bisa berbicara di depan audiens, anda bisa mengikuti kursus atau belajar sendiri dengan modul latihan. Jika anda tidak bisa berbahasa Inggris, anda bisa mengikuti kursus.

5. Bersyukur
Bersyukur adalah berterima kasih kepada Tuhan atas karunia yang diberikan Tuhan. Tidak ada manusia yang sempurna. Jika anda memiliki satu kekurangan, orang lain juga mempunyai kekurangan. Bersyukur membantu anda berpikir realistis dan tidak melampaui batas dengan berbuat curang.

6. Optimis
Jika anda memiliki keyakinan bahwa anda bisa melakukan sesuatu, anda akan memiliki kekuatan lebih untuk membuktikan bahwa anda bisa. Jika orang lain bisa melakukannya, anda juga pasti bisa.

7. Berpikir Positif terhadap Diri Sendiri Maupun terhadap Orang Lain
Berpikir positif terhadap diri sendiri diwujudkan dalam bentuk niat melakukan sesuatu dengan sebaik-baiknya apapun hasil yang akan diperoleh dan menghindari berbuat curang. Berpikir positif terhadap orang lain diwujudkan dengan tidak mencurigai orang lain akan merugikan kita.

8. Berani Mencoba
Jika anda tidak mencoba melakukan sesuatu yang baru, anda tidak akan pernah bisa melakukannya. Tidak sedikit orang yang mencoba sesuatu yang baru kemudian menemukan bahwa ia memiliki bakat dan kemampuan lebih di bidang itu.

9. Curhat

Menyimpan dan menghadapi masalah anda sendirian akan membuat anda tertekan dan tidak percaya diri. Bicarakan masalah anda dengan orang dekat anda misalkan kepada ibu, saudara, sahabat, rekan kerja, dsb. Anda butuh orang yang memberikan dukungan dengan ikhlas dan tanpa kepentingan.

10. Jadilah Diri Sendiri
Jika anda ingin menjadi orang lain, anda akan segera menyadari banyak kekurangan anda. Jika anda ingin meniru orang lain maka tirulah prinsipnya. Selagi tidak keluar dari norma dan etika, lakukan dengan cara anda. Hidup cuma sekali, nikmati hidup anda. Miliki hobby dan kesenangan. Bantulah orang lain yang ingin anda bantu.