Cara Menghilangkan Stress di Tempat Kerja

Share

Stress di tempat kerja - VistaBundaDotComRutinitas kerja dan beban kerja yang selalu tinggi dapat meningkatkan kelelahan mental yang berpotensi menyebabkan stress. Stress yang tidak teratasi dengan baik, tidak hanya dapat menyebabkan menurunnya produktivitas kerja tetapi juga bisa mengakibatkan gangguan kesehatan fisik. Bagi anda yang sering mengalami kelelahan mental saat bekerja, ada beberapa tips yang dapat anda terapkan untuk mengurangi stress kerja, antara lain sebagai berikut.

Sarapan
Anda akan memiliki stamina dan konsentrasi yang baik saat bekerja jika tubuh anda memilki energi yang cukup. Biasakan sarapan sebelum menuju ke tempat kerja. Sarapan memastikan tubuh anda mendapatkan tambahan energi sebelum beraktivitas.

Buat Prioritas
Jangan memikirkan banyak hal sekaligus. Otak kita tidak dirancang untuk memikirkan beberapa hal dalam waktu yang bersamaan. Buatlah prioritas pekerjaan yang harus anda selesaikan berdasarkan kepentingan dan urgensinya.

Jaga Tubuh Tetap Sehat
Stress kerja dapat disebabkan karena kehilangan konsentrasi. Anda tidak dapat bekerja dengan konsentrasi yang baik jika mengalami gangguan kesehatan. Bahkan gangguan kesehatan umum seperti batuk atau sakit kepala sangat mudah membuat anda kehilangan konsentrasi.

Jaga Konsentrasi
Pertahankan ritme kerja anda agar tetap optimal. Hindari melakukan aktivitas lain yang tidak penting saat sedang sibuk atau dibatasi tenggat waktu. Melakukan aktivitas yang tidak penting seperti menelepon atau chatting dengan teman dapat membuat pekerjaan anda terbengkalai.

Hindari Kebiasaan Buruk dalam Bekerja
Pertahankan produktivitas anda agar tetap tinggi dengan cara menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk dalam bekerja seperti tidak disiplin, sering menunda, tidak bekerjasama, dan lain sebagainya.

Cari Bantuan Saat Diperlukan
Adalah wajar jika anda mengalami kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaaan yang kurang anda pahami. Mintalah bantuan orang yang kompeten untuk menemukan cara pemecahan masalah tersebut.

Jaga Tubuh Tetap Bugar
Stress kerja dapat dipicu oleh ketidakmampuan fisik dan mental untuk melakukan pekerjaan dengan baik karena berbagai sebab seperti lapar, sakit, mengantuk, dan lain sebagainya. Jaga tubuh anda tetap bugar dengan pola hidup sehat antara lain dengan berolahraga, istirahat yang cukup, dan makan makanan sehat seimbang.

Selesaikan Masalah Anda
Stress di tempat kerja disebabkan karena adanya masalah pribadi di tempat lain dan tidak ada hubungannya dengan pekerjaan. Stress karena masalah pribadi bisa jadi terbawa ke mana-mana termasuk saat beraktivitas di tempat kerja. Atasi apapun masalah pribadi anda yang membuat anda stress.

Tingkatkan Kenyamanan Lingkungan Kerja
Lingkungan kerja yang tidak nyaman sepeti bising, lembab, panas, kurang cahaya, dsb dapat menyebabkan seseorang lebih cepat lelah dan susah berkonsentrasi. Kondisi ini meningkatkan resiko stress di tempat kerja. Tingkatkan kondisi lingkungan kerja agar nyaman sehingga meningkatkan produktivitas dan stamina.

Ambil Waktu Untuk Rileks
Gunakan waktu istirahat untuk bersantai sejenak dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti bercengkrama, mendengarkan musik, membaca berita, dan lain sebagainya. Ciptakan suasana yang ceria dengan lebih banyak berkomunikasi dengan rekan-rekan satu ruangan. Ambil waktu jeda saat tubuh terasa penat dan lakukan gerakan peregangan sederhana di tempat.