10 Tips Menjadi Pengajar yang Baik

Share

Pengajar yang baik - VistaBundaDotCom

Jika anda bukan seorang guru pada lembaga pendidikan formal, bukan berarti anda tidak bisa mengajar. Pada dasarnya seseorang yang menguasai ilmu berkesempatan mengajarkan ilmunya kepada orang lain misalnya pada pelatihan, coaching, kursus, workshop, dan lain sebagainya. Jika anda belum berpengalaman mengajar, anda mungkin kurang percaya diri untuk menjadi pengajar yang baik. Bagaimana cara menjadi guru yang baik? Berikut beberapa pedoman sederhana yang dapat anda coba terapkan.

1. Kuasai Bahan Ajaran
Kunci utama menjadi seorang pengajar adalah menguasai bahan ajaran. Anda akan dapat bercerita banyak jika anda menguasai secara mendalam topik yang akan diajarkan.

2. Buat Perencanaan
Buatlah ringkasan mengenai urutan topik-topik pembahasan yang akan anda ajarkan dan alokasi waktu untuk masing-masing topik. Hal ini akan membantu anda mengajar lebih efektif secara runtut dan tepat waktu.

3. Fokus
Berikan waktu dan pikiran anda sepenuh hati untuk mengajar. Memberi pemahaman kepada orang lain kadang tidak mudah dan memerlukan tenaga dan pikiran lebih. Peserta didik akan segera menilai usaha anda dan membri apresiasi dengan perhatian dan usaha yang lebih pula.

4. Komunikatif
Anda harus banyak berkomunikasi untuk menyampaikan sebanyak mungkin informasi yang memberikan pencerahan kepada peserta didik untuk mendapatkan pemahaman. Anda harus mendapatkan komentar, pertanyaan, dan feedback dari peserta didik untuk mengetahui sampai sejauh mana mereka mengerti apa yang anda ajarkan.

5. Sabar
Memberi pemahaman kepada orang lain membutuhkan kesabaran. Tiap peserta didik mungkin memiliki kemampuan kognitif dan latar belakang pendidikan yang berbeda. Kesabaran juga membantu anda disegani dan dihormati.

6. Peduli

Berilah perhatian kepada setiap peserta didik anda. Hargai segala upaya peserta didik untuk mengikuti pelajaran. Berikan perhatian jika ada peserta didik yang mengalami masalah dalam mengikuti pelajaran karena alasan kognitif, alasan teknis maupun alasan psikologis.

7. Selipkan Humor
Humor dapat mencairkan suasana tegang dan kaku. Humor juga efektif menghilangkan rasa kantuk dan bosan. Hampir semua pembicara terkenal menggunakan humor dalam presentasinya.

8. Berikan Motivasi
Berikan motivasi dengan memberikan gambaran manfaat ilmu yang dipelajari. Motivasi dapat membantu orang untuk berbuat lebih.

9. Kreatif
Memberi pemahaman kepada orang lain terkadang lebih efektif jika menggunakan trik-trik khusus misalnya menggunakan alat peraga, gambar, simulasi, rekaman video, permainan, dan lain sebagainya.

10. Jadilah Pembimbing
Pengajar bukan seorang pemimpin atau seorang bos, tetapi pengajar adalah seorang pembimbing. Pembimbing adalah orang yang selalu dekat secara personal dengan yang dibimbing tetapi memiliki ketegasan dan wibawa untuk selalu dihormati dan ditaati.