Bagaimana Cara Mengurangi Pengeluaran Bulanan?

Share

Cara mengurangi pengeluaran bulanan - VistaBundaDotComSalah satu tantangan terbesar dalam mengelola keuangan adalah membatasi pengeluaran. Tidak heran jika banyak orang yang memiliki penghasilan yang cukupe lumayan kesulitan dalam mengelola keuangan karena tidak bisa membatasi pengeluaran. Bagaimana cara efektif dalam mengurangi pengeluaran bulanan agar penghasilan dapat mencukupi kebutuhan? Berikut beberapa tips cara mengurangi pengeluaran bulanan.

1. Buat Anggaran Bulanan
Membuat anggaran bulanan membantu anda mengelola keuangan berdasarkan perencanaan pemasukan dan pengeluaran. Membuat rencana anggaran akan membantu menentukan kebutuhan dalam satu bulan. Rencana anggaran juga membantu mengurutkan pengeluaran berdasarkan prioritas.

2. Catat Pengeluaran
Mencatat pengeluaran akan membantu anda menilai kesesuaianĀ  antara rencana anggaran dengan realisasi belanja. Hal ini membantu anda merencanakan ulang pengeluaran jika realisasi belanja tidak sesuai dengan anggaran semula.

3. Tabung Di Awal Bulan
Menabung di awal bulan membantu anda disiplin dalam menabung. Selain itu menabung di awal bulan akan mengurangi sisa uang yang dipegang menjelang akhir bulan. Hal ini secara psikologis akan membuat anda lebih hemat di akhir bulan.

4. Gunakan Kartu Kredit Secara Bijaksana
Menggunakan kartu kredit harus dilihat sebagai hutang yang harus dilunasi pada bulan berikutnya. Anda sebaiknya tidak berbelanja menggunakan kartu kredit untuk sesuatu yang tidak direncanakan sebelumnya.

5. Kurangi Biaya Tagihan Rekening Utitilitas
Salah satu pos pengeluaran bulanan yang memilki porsi yang cukup besar adalah untuk membayar tagihan bulanan. Menghemat penggunaan listrik, gas, PAM, dan telepon dapat membantu mengurangi pengeluaran secara signifikan karena meskipun persentase yang bisa dihemat sedikit tetapi nominalnya relatif besar.

6. Temukan Cara Kreatif untuk Berhemat
Berhemat tidak harus menghilangkan kesenangan anda. Ada orang yang tidak bisa hemat dalam membeli makanan tetapi ia rela pergi ke tempat kerja dengan menggunakan sepeda. Sebagian orang tidak bisa mengurangi jatah rokok tetapi ia tidak keberatan membeli perabotan seken. Cobalah temukan sendiri cara menghemat yang cocok untuk anda.

7. Buat Pertimbangan saat Ingin Membeli Sesuatu
Beberapa kebutuhan sangat jelas manfaat dan kegunaannya sepeti makanan, obat, pakaian, dan lain sebagainya. Namun ada banyak barang di toko yang menarik untuk dibeli, yang belum tentu penting atau jarang digunakan seperti panci presto, alat pijat, alat olahraga, dan lain-lain. Kurangi prioritas membeli barang yang tidak fungsional atau tidak mendesak.