7 Tips Sukses Menabung

Share

Menabung merupakan salah satu faktor kunci keberhasilan pengelolaan keuangan. Banyak orang yang mengeluh karena kesulitan menabung, padahal penghasilan mereka lebih dari cukup. Bagaimana cara sukses menabung dengan konsisten? Berikut beberapa tips sukses menabung.

1. Mulailah Menabung Sekarang Juga
Banyak orang berfikir bahwa seseorang menabung karena kelebihan uang. Padahal para pakar keuangan menyarankan bahwa setiap orang harus menabung. Mulailah menabung minimal 10 persen dari penghasilan anda perbulan. Kemudian tingkatkan secara bertahap jumlah tabungan perbulan sampai tercapai prosentase ideal menurut anda.

2. Pisahkan Rekening Tabungan dari Rekening Gaji
Memisahkan rekening tabungan dari rekening gaji akan memudahkan anda memantau pertumbuhan tabungan anda dan mengurangi kemungkinan anda menarik tabungan anda untuk keperluan yang tidak penting.

3. Disiplin
Usahakan untuk segera menyetorkan tabungan saat menerima penghasilan dan jangan menundanya. Jangan menarik tabungan untuk keperluan yang tidak penting. Anggaplah tabungan sebagai bagian dari dari anggaran belanja.

4. Berhemat
Berhemat berarti bijak dalam membelanjakan uang. Sesuaikan gaya hidup anda dengan penghasilan. Pada dasarnya seberapa uang yang dapat anda tabung merupakan nilai yang anda hemat, karena pada hakekatnya tidak ada orang yang benar-benar tercukupi keinginannya termasuk dalam hal memiliki uang.

5. Buat Pembukuan
Membuat pembukuan pendapatan dan belanja membantu anda mengatur keuangan secara strategis dan bijaksana. Anda dapat dengan mudah mengetahui seberapa besar porsi belanja kebutuhan primer, kebutuhan sekunder dan kebutuhan tersier.

6. Buat Rencana Keuangan Jangka Panjang
Rencanakan setiap kebutuhan anggaran dalam jumlah besar seperti membayar pajak kendaraan, biaya masuk sekolah, sewa tampat usaha, renovasi rumah, dsb. jika kebutuhan ini akan diambil dari tabungan.

7. Buat Strategi Anda Sendiri
Banyak orang yang berhasil menabung dengan menggunakan strategi sendiri. Misalnya membuat komitmen untuk menabung 50 persen dari bonus, menabung kelebihan uang bensin yang telah dianggarkan, menabung 100 persen penghasilan tambahan, dsb.