10 Cara Agar Mendapatkan Rasa Bahagia

Share

Bagaimana mendapatkan kebahagiaan - VistaBundaDotCom
Pada hakekatnya setiap orang ingin menjalani hidup ini dengan kebahagiaan. Kita tentu menyadari sepenuhnya bahwa kebahagiaan tidak selalu menghampiri hidup kita setiap saat. Namun sebagian dari kebahagiaan hidup dapat kita raih dengan usaha tertentu. Bagaimana cara mendapatkan kebahagiaan? Berikut beberapa tips untuk mendapatkan rasa bahagia.

1. Ungkapkan Rasa Syukur
Apa yang anda miliki pada hakekatnya adalah karunia dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Seringlah mengungkapkan rasa syukur saat mendapatkan keberuntungan seperti mendapat rejeki, sembuh dari sakit, lulus dalam ujian, dan lain sebagainya.

2. Rasakan Kebahagiaan Orang Lain
Banyak orang yang sering merasa tidak bahagia saat melihat orang lain senang. Padahal tidak seharusnya hal ini terjadi. Jadilah orang yang senang melihat orang lain senang. Hal ini hanya bisa anda rasakan jika anda memiliki empati pada orang tersebut.

3. Jadilah Diri Sendiri
Dapatkan kebahagiaan dengan menjadi diri sendiri. Sebagian orang sangat terobsesi dengan kelebihan orang lain. Padahal setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda tidak akan bisa menjadi persis seperti orang lain. Berbanggalah dengan apa yang anda miliki dan apa yang anda perbuat. Bila perlu jadikan diri anda sebagai teladan yang layak dicontoh orang lain.

4. Bersikap Optimis
Bersikap optimis membuat seseorang lebih bersemangat menjalani hidup. Orang-orang optimis membayangkan hal-hal yang menyenangkan yang akan segera ia raih. Orang-orang yang pesimis membayangkan hal-hal yang tidak menyenangkan akan segera ia alami.

5. Perjuangkan Kesejahteraan
Perjuangkan hidup anda dengan bekerja agar dapat hidup makmur dan sejahtera. Pada umumnya orang akan merasa bahagia jika ia mendapatkan kesejahteraan lahiriah. Sebaliknya banyak orang yang tidak bahagia dan bahkan sengsara karena tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup sesuai dengan yang diharapkannya.

6.Selesaikan Masalah Anda
Tidak ada orang yang tidak memiliki masalah. Satu masalah saja sudah bisa membuat anda pusing dan tidak tenang, apalagi jika anda menghadapi beberapa masalah sekaligus. Upayakan untuk menyelesaikan satu-persatu masalah anda, agar pikiran anda tenang.

7. Jaga Kesehatan
Kebahagiaan anda dapat dipengaruhi oleh kesehatan fisik anda. Penyakit kulit sederhana seperti panu atau jerawat dapat membuat seseorang merasa sangat tidak nyaman dan kurang percaya diri. Gangguan kesehatan umum seperti sakit kepala atau demam sudah dapat membuat anda menderita selama beberapa hari.

8. Ciptakan Hubungan yang Hangat dengan Orang Sekitar
Orang-orang di sekitar anda adalah orang-orang yang paling berpotensi mempengaruhi hidup anda sehingga membuat anda senantiasa bahagia. Orang-orang terdekat adalah mereka yang dengan tulus ikhlas berinteraksi dengan anda misalnya dalam memberikan kasih sayang, perhatian, bantuan, hiburan, motivasi, dan lain sebagainya.

9. Perluas Pergaulan
Banyak bergaul cenderung membuat orang memiliki banyak aktivitas kolektif. Ada lebih banyak ide dan kesempatan untuk terlibat dalam aktivitas yang menyenangkan atau membahagiakan batin seperti piknik, chatting, bakti sosial, kerja bakti, berolahraga, arisan, ibadah bersama, dan lain sebagainya. Memiliki pergaulan yang luas juga membuka diri anda untuk mendapatkan bantuan saat anda memerlukan.

10. Fokuskan Pikiran pada Hal-Hal Positif
Saat terdesak adalakanya seseorang memilih cara yang tidak benar untuk mencapai tujuannya. Hindari berpikir melakukan cara-cara yang melawan norma kehidupan karena akan menyebabkan hati tidak tenteram.