Cara Aman Berbelanja Secara Online

Share

Tips aman belanja secara online - VistaBundaDotComAnda suka berbelanja secara online? Hati-hatilah karena kasus kejahatan dengan modus toko online palsu sering terjadi. Pelaku kejahatan menyediakan situs toko online palsu dan memajang banyak barang dagangan yang dapat anda beli. Namun begitu anda mentransfer sejumlah uang sesuai harga barang, pelaku tidak pernah mengirimkan barang yang anda pesan atau barang yang anda terima adalah barang palsu atau barang bekas karena pada dasarnya mereka memiliki modus menipu. Selain dari kasus penipuan, pembeli online juga sering kecewa setelah melakukan transaksi karena barang yang dibeli tidak sesuai atau harga yang dibayar terlalu mahal. Berikut ada beberapa tips berbelanja secara online secara aman agar terhindar dari penipuan atau kerugian.

1. Gunakan Komputer atau Smartphone Sendiri
Pakailah komputer pribadi atau smartphone anda sendiri saat melakukan pembelian barang dan melakukan pembayaran online. Hindari menggunakan komputer umum di sekolah, di perpustakan, di kantor, atau di warnet. Anda harus merahasiakan data pribadi dan data kartu kredit anda agar tidak direkam oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

2. Lakukan Transaksi Sendiri
Hindari melakukan transaksi atas nama anda dengan meminta bantuan orang lain untuk melakukannya. Pembeli yang akan memesan barang harus membuat akun pribadi yang berisi data-data pribadi. Jika orang lain dapat mengakses data pribadi anda, ia mungkin dapat menggunakannya untuk kepentingan pribadinya. Jangan sekali-kali meminta bantuan orang lain melakukan pembayaran online mengunakan kartu kredit anda.

3. Pilih Situs Toko Online yang Terpercaya
Pilihlah toko online yang dapat dipercaya karena telah memiliki reputasi. Situs toko online dengan ekistensi co.id adalah milik perusahaan yang telah memiliki badan hukum. Situs toko online yang dapat dipercaya memiliki alamat jelas, nomor telepon tetap (bukan nomor handphone), dan sudah lama online. Anda dapat mencari info dari teman atau dari review konsumen di media sosial mengenai pengalaman belanja mereka di toko online tertentu.

4. Teliti Syarat dan Ketentuan
Pembeli online umumnya tidak memiliki waktu untuk berinteraksi dengan penjual atau costumer service toko online. Oleh karena itu bacalah secara seksama syarat dan ketentuan yang berlaku misalnya mengenai pembatalan, penukaran barang, jaminan kehilangan saat pengiriman, dsb.

5. Cek Kelengkapan Paket Barang
Patikan anda mengetahui detil paket barang yang anda beli. Beberapa barang tidak dijual dengan paket lengkap melainkan dijual secara terpisah misalnya sebuah PC tablet tidak dijual tanpa memory card dan tanpa kartu perdana seluler sehingga anda harus melengkapinya dengan membeli item tersebut secara terpisah.

6. Perhatikan Biaya-Biaya Lain
Pembeli yang berbelanja di toko online seringkali harus membayar lebih dari harga yang tercantum di halaman toko online. Perhatikan kemungkinan anda harus mengeluarkan biaya lain misalnya untuk ongkos kirim, pengepakan, pemasangan, pajak, dan lain sebagainya.

7. Pertimbangkan Opsi Pembayaran yang Lebih Aman
Jika anda ragu atau tidak percaya pada toko online atau penjual perorangan yang memasang iklan di internet, anda dapat memilih opsi pembayaran yang lebih aman misalnya dengan menggunakan agen rekening bersama atau pembayaran ditempat (cash on delivery).