Tips Memilih Blender yang Cocok untuk Anda

Share

Blender adalah alat dapur yang sangat berguna untuk berbagai keperluan mengolah makanan. Blender digunakan untuk membuat jus, membuat adonan kue, menghaluskan makanan bayi, menggiling bumbu masak, dsb.
Ada banyak pilihan blender tersedia di pasaran. Jika anda bingung menentukan blender mana yang sesuai untuk kebutuhan anda, berikut tips memilih blender yang cocok untuk keoerluan dapur anda.

1. Anggaran
Blender tersedia dalam rentang harga yang sangat beragam mulai dari beberapa ratus ribu sampai jutaan rupiah. Perbedaan harga ini ditentukan oleh merk, kualitas bahan, kapasitas volume, daya listrik, dan variasi fungsi. Jika anggaran anda terbatas sebaiknya anda menentukan batas maksimal anggaran yang anda sediakan untuk sebuah blender. Jika anda tidak menentukan anggaran, anda akan sangat mudah tergoda untuk membeli blender mahal dengan merek terkenal, desain mewah, kapasitas besar, dan fungsi-fungsi yang banyak.

2. Kapasitas Volume
Besarnya volume blender umumnya menentukan harga dan kekuatan motor pemutar pisau blender. Untuk keperluan dapur kapasitas blender yang memadai setidaknya 2 liter. Jika anda ingin mengolah makanan lebih banyak anda dapat menggunakan blender dengan beberapa kali proses.

3. Daya Listrik
Semakin besar kekuatan motor blender maka semakin besar daya listrik yang diperlukan untuk operasi blender. Dengan motor yang lebih kuat membuat waktu proses blender lebih cepat. Pertimbangkan menggunakan blender dengan daya lebih kecil jika anda ingin menghemat listrik. Blender dengan kekuatan motor yang lebih besar mungkin harganya akan jauh lebih mahal. Ada baiknya anda mengetahui rentang daya listrik yang dikonsumsi oleh blender. Perhatikan daya listrik yang tersedia di rumah anda.

4. Desain yang Kokoh dan Material yang Kuat
Blender umumnya dapat digunakan sampai lebih dari 10 tahun. Untuk blender jus dengan jug yang terbuat dari plastik pastikan bahannya cukup tebal dan kokoh serta tidak getas atau tidak mudah pecah. Rumah blender harus cukup berat dan mempunyai dudukan yang kokoh dengan bahan yang tidak mudah pecah. Pastikan rumah blender tidak bergetar saat dioperasikan dalam keadaan kosong.

5. Mudah Dibersihkan
Desain jug blender harus mudah dibersihkan. Desain jug yang baik tidak memiliki banyak lekukan yang susah dibersihkan di bagian dalam jug.

6. Fungsi
Untuk keperluan dapur, blender anda minimal harus memiliki dua fungsi yaitu menghaluskan bahan dan menggiling bumbu (biji-bijian). Beberapa jenis blender memiliki beragam pisau untuk berbagai keperluan mengolah makanan.

7. Garansi dan Layanan Purna Jual
Produk yang baik memberikan garansi dan memiliki tempat-tempat layanan purna jual untuk membantu anda mengatasi masalah yang mungkin akan anda alami dengan blender anda di kemudian hari.