Bagaimana Cara Memilih Laptop yang Tepat? (8 Tips)

Share

Tips memilih laptop - VistaBundaDotComKomputer laptop kini sudah menjadi gadget yang sangat fungsional bagi banyak orang baik sebagai pelajar, karyawan, seniman, manager, dsb. Laptop memiliki banyak fungsi yang mendukung berbagai aktivitas seperti mengetik, menggambar, memutar lagu, menyimpan dan memindahkan data, dan lain sebagainya. Pendek kata dengan membawa sebuah laptop banyak banyak informasi penting yang dapat dibawa dan diolah setiap saat. Kedudukan sebuah laptop yang sangat personal ini membuat semua orang ingin memiliki laptop sendiri yang tepat dan handal. Ada beberapa hal yang sebaiknya anda pertimbangkan dalam memilih sebuah laptop yang sesuai untuk anda. Berikut beberapa tips memilih laptop yang cocok untuk anda.

1. Tentukan Anggaran
Laptop tersedia di pasaran dengan rentang harga yang sangat bervariasi. Harga sebuah laptop sangat dipengaruhi oleh spesifikasi teknis, kualitas, dan merk. Jika anda tidak menentukan anggaran untuk membeli sebuah laptop, anda mungkin terpancing untuk membeli laptop yang mahal karena cenderung memiliki banyak keunggulan yang sebenarnya tidak begitu diperlukan untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan anda.

2. Tentukan Spesifikasi  Minimum
Lakukan inventarisasi kebutuhan minimum yang anda inginkan pada sebuah laptop antara lain tipe prosesor, memory, kecepatan, dan fasilitas lainnya. Hal ini akan membantu anda menyusun prioritas dalam membuat pilihan.

3. Sesuaikan Kebutuhan
Sesuaikan spesifikasi laptop yang akan anda beli dengan kebutuhan khususnya jika anda memiliki dana yang terbatas. Jika sebuah laptop hanya anda gunakan untuk menulis naskah, anda mungkin tidak memerlukan sound card dan graphic card dengan spesifikasi tinggi yang banyak digunakan untuk menampilkan suara dan gambar.

4. Ketahui Daya Tahan Baterai
Sebuah laptop dapat digunakan di mana saja karena memiliki baterai sendiri sehingga tidak tergantung tersedianya daya listrik dari jaringan listrik. Karena daya tahan baterai sebuah laptop terbatas, anda sebaiknya memilih laptop dengan baterai yang memiliki daya tahan lebih lama.

5. Pertimbangkan Merk yang Anda Sukai
Terdapat banyak sekali produk laptop yang beredar dipasaran baik dari produsen lokal maupun dari produsen internasional. Secara umum semakin tinggi kualitas produk suatu merk laptop maka akan semakin terkenal merk tersebut dan semakin tinggi harga jualnya. Pilihlah merk laptop yang anda suka tetapi tetap mengutamakan kebutuhan anda.

6. Cek Paket
Laptop dijual dalam satu paket standar terdiri dari satu unit laptop tanpa operating system disetai satu unit charger pengisi baterai. Beberapa produk dijual dalam paket plus dengan tambahan misalnya CD operating system, tas laptop, mouse, atau aksesoris lainnya.

7. Sempatkan Mencoba
Sediakan waktu untuk mencoba langsung beberapa laptop yang anda minati berdasarkan prioritas yang telah anda buat. Hal ini membantu anda memberi penilaian lebih objektif mengenai kenyamanan penggunaan laptop yang hendak anda beli. Mencoba secara langsung membantu anda menilai ketebalan, bobot, kenyamanan keyboard, ketajaman layar, dan faktor ergonomik lainnya.

8. Dapatkan Garansi Resmi
Pastikan anda mendapatkan garansi resmi dari pihak produsen dan bukan hanya garansi toko. Garansi resmi untuk masing-masing merk komputer mungkin berbeda-beda, namun secara umum semakin lama garansi resmi berlaku maka semakin tinggi tingkat keyakinan produsen bahwa produk mereka berkualitas dan semakin kecil resiko kerugian pengguna terhadap kerusakan.